14 July, 2011

Cuci Otak, Apa Itu Ya....

Ada sebuah yang menggelitikku kali ini, yaitu brainwash.. Sejatinya jika diartikan secara bahasa brainwash berarti cuci otak, namun jika diartikan dalam istilah menurut wikipedia maka brainwash adalah upaya rekayasa pembentukan ulang tata berpikir, perilaku dan kepercayaan tertentu menjadi sebuah tata nilai baru. 

Dewasa ini banyak sekali hal - hal kecil sampai peristiwa besar yang mengalami perubahan tata nilai atau perilaku. Contohnya penggunaan Bank, dulu orang lebih senang menyimpan uang di brankas, bawah bantal, dalam lemari, ataupun di koperasi. Namun dewasa ini bank menjadi tujuan utama penyimpanan uang, dan masyarakat sudah percaya bahwa uang di bank adalah paling aman dari pencurian. Ketika ATM bobol, maka masyarakat serta merta marah besar dan bahkan ada yang tidak percaya lagi dengan bank, ketika dulu menyimpan dengan cara sederhana jika kehilangan akan segera memaklumi dan tetap melakukan penyimpanan seperti itu juga.

Hal lainnya yang tidak terasa adalah orang - orang yang belum melek teknologi mempercayai sinyal EDGE lebih cepat daripada sinyal 3G, padahal kalo secara teknologi perbedaannya cukup signifikan. 3G bermain di minimal speed 384kbps sedangkan EDGE hanya maksimal 114 kbps.

Sikat gigi dan odol juga gak lepas dari teori cuci otak, masyarakat kini jika tidak menyikat gigi dengan odol dan sikat gigi maka belum bersih. Padahal Rasulullah SAW dulu mengajarkan kita untuk membersihkan gigi dengan siwak. Dan medis juga sudah membuktikan bahwa membersihkan gigi dengan siwak selain sehat juga menjadikan gigi kuat bahkan banyak manfaat lainnya

Dokter juga jadi perubahan signifikan dari perilaku masyarakat saat ini. Ada penyakit sedikit saja, langsung ke dokter, suhu tubuh naek sedikit langsung menghubungi dokter. Padahal dulu tabib hanya diperlukan ketika terjadi penyakit penyakit berat. Untuk penyakit penyakit kecil seperti demam kita hanya butuh dikompres dan istirahat yang banyak. Rasulullah mengajarkan untuk rutin bekam, minum habbats, minyak zaitun dan bersedekah untuk mengobati bahkan menjaga kesehatan kita.

Dalam bidang merk juga gak ketinggalan, masyarakat di daerah - daerah kecil lebih mengenal simPATI, aqua dan honda daripada menyebut perdana, air mineral dan motor. Padahal yang dipakai adalah produk/merk lain. 

Brainwash memang tidak dapat kita stop, karena memang mengalir terus menerus setiap waktu. Pengucapan yang berulang ulang, visualisasi yang muncul di setiap sudut kehidupan, dan konsistensi kemunculan suatu benda/peristiwa akan mengakibatkan otak kita tidak lagi berpikir ketika melakukan atau menyebutkan sesuatu hal yang dulu kita anggap aneh. Karena kebiasaan yang terus menerus akan membentuk perilaku kita. Sehingga ketika ada sesuatu yang sebenarnya dulunya menjadi tren tetapi karena tertutup oleh sebuah tren baru maka akan dipandang aneh oleh masyarakat.

Brainwash patut kita waspadai karena kebiasaan dari hal yang buruk jika terus menerus dilakukan maka akan kita anggap menjadi baik..............

11 comments:

  1. Cuci otak itu menurutku kok sama dengan hipnotis, sayangnya banyak yang mempergunakan untuk tujuan kurang baik.
    Padahal bisakan digunakan untuk mencapai tujuan yang baik.

    ReplyDelete
  2. semakin hari semakin tak bisa dicegah...

    ReplyDelete
  3. sedikit banyak para politisi dan pejabat juga melakukan brainwash dengan seperti mengatakan bahwa setiap pejabat pasti korup...

    ReplyDelete
  4. Setiap hari televisi melakukan cuci otak melalui iklan dengan memberikan pencitraan, misalnya cantik itu harus putih, langsing, rambutnya lurus dll...

    ReplyDelete
  5. Aku baru ngerti dikit-dikit apa itu brainwash B)

    ReplyDelete
  6. yapz,, memang betul sekali tuh di jaman ini banyak sekali hal yang sangat berpengaruhterhadap kinerja otak kita,, bahkan perubahan selalu datang tiap detiknya,,, apalagi di dunia internet...

    ReplyDelete
  7. owh jadi seperti itu ya mas,, hmmm memang harus berhati-hati di jaman sekarang ini...

    ReplyDelete
  8. ternyata dari hal yang kecil bisa menjadi hal yang berbahaya.. musti waspada jugaa

    ReplyDelete
  9. bener bngt tu...
    kalo ada cara yang mudah npa kita mesti menggunakan cara yang ribet...

    ReplyDelete
  10. wahh...
    ternyata efeknya juga sangat besar untuk kehidupan kita..
    makasih bnyak mas infonya

    ReplyDelete
  11. semakin berkembangnya jaman, cuci otak menjadi semakin menjadi. dan cukup sulit untuk dihentikan.

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku