14 July, 2016

Adakah Mukminin tersisa di Masjid setelah Ramadhan? #selfreminder

Bulan syawal ini mesjid kembali kosong, jamaahnya ya sama seperti sebelum Ramadhan aja. Orang - orangnya ya itu2 juga.. Mana semangaatttnya? Mana semangat Ramadhannya?
Padahal masjid masih tetep buka lo sepanjang tahun. Oh ya Allahu ya robbi, 

Aku kira dengan semakin terpojoknya umat Islam di dunia ini dengan beberapa berita di negara2 tetangga seperti Myanmar, Filipina, Suriah, Yaman, Mesir dan Palestina yang umat muslim sunni nya terzalimi dan dijajah akan semakin menguatkan ghirah atau semangat keimanan umat muslim di Indonesia ini terutama di sini. Tahukah kita bahwa umat muslim sunni akan dipojokkkan dan hanya keimanan yang kuatlah yang akan membuat Allah subhanallahu wata'ala menolong ummatnya. Kalo keimanan kita kendor, lemah dan tidak PeDe apa yang menyebabkan Allah azza wajalla menolong kita??? Ya Allah....

Lantas bagaimana iman mau kuat kalo datang ke mesjid pada saat jum'atan saja, denger ceramahpun tidak karena ketiduran dengan alasan capek kerja ??? 
Kajian banyak tersedia di Youtube dan website pun tidak pernah dikunjungi. 
Acara TV Islami banyak tapi selalu diganti dengan channel hiburan ataupun berita duniawi
Smartphone banyak stalking sosmed orang lain daripada buka aplikasi2 Islami
Telinga lebih suka mendengar lirik2 penyair yang dilaknat Allah azza wajalla daripada rekaman kajian ataupun murottal dari Imam yang merdu suaranya. Ya Allah....

Bahkan baru2 ini ada seorang ustadz yang sampai klarifikasi di youtube karena banyaknya fitnah2 dari oknum umat muslim sendiri terhadapnya. Penyeru kebenaran pun diganggu... Ya Allah....

Alangkah rindunya kami padamu Ya Rasulullah... Rindunya kami pada bimbinganmu kepada sahabatmu dulu. Allahu ya robbi kuatkan dan dekatkan kami selalu dengan ulama dunia ini sekarang.... Pertemukan kami karena Mu Ya Allahu ya robbi


25 May, 2016

Sehat Yuks

7 Desember 2015
Motivasi ;
1. Firman Allah dan Hadist Rasulullah. Orang yang berlebihan dilarang
2. Di perang khandaq Rasulullah sebelum memecah batu mengeluarkan 3 batu kecil yg diselipkan di sabuknya utk membantu beliau menahan lapar. Lalu kita yg selalu kenyang gragas dan obesitas ingin mendapatkan surga seperti yang Allah janjikan? Sedangkan contoh/teladan kita seperti Rasulullah? Ane harus ngaca....
3. Sebagai ayah tidak ingin merepotkan keluarganya hanya karena sakit2an seperti jantung,darah tinggi,diabetes,lemah stamina (sehat sampai tua)
4. Ingin naik gunung Rinjani di bulan mei 2016
5. Ingin lincah maen futsal lagi
6. Rasulullah mensunnahkan makan setelah lapar berhenti sebelum kenyang, membagi perut menjadi 3 bagian air,udara dan makanan
7. Alasan yg satu ini agak ekstrim tp ini sesuai janji Allah dan prediksi Rasulullah, bahwa akan ada perang akhir zaman... Mana ada tentara Allah yg gemuk... Kena panah duluan itu sih
7-10 desember ; diet tanpa herbalife, hanya tidak menkonsumsi makan di malam hari, berat badan di tgl 10 des 2015 121.0 kg. Namun siang hari sebelum makan siang memang kurang bertenaga dan ngantukan
11 desember ; baru minum shake 2x, malam tgl 10 dan pagi tgl 11 setelah ditimbang berat badan 120,3 kg. Namun belum lihat nanti setelah makan siang, memang biasanya sore hari waktu nimbangnya.. Herbal tea sebelum tidur td malam dan setelah tidur membuat BAB lancar banget padahal tadi malam gak makan apa2, apa iya masih ada sampah di dalam perut yg dikeluarkan tadi pagi?
Mungkin
12 des ; maen futsal sambil diselingi aloe dan teh, hasilnya perut panas, abis futsal badan lemes, minum air dah 3 liter padahal baru jam 11
Motivasi dan disiplin... Motivasi terbesar adalah sunnah dr Rasulullah...insya Allah
13 des ; capek, pagi famgath capek, siang undangan, malem ngemall
14 des ; 118.1 kg
16 des ; futsal
17 des ; 115.9
18 des ; kacau, makan siang kebanyakan gorengan, malem di liqo dikasih nasi goreng telur untung cuma dikit makannya
19 des ; futsal

Ada sebuah harapan baru
Mulai tgl 10 jan ini aku mulai dengan baseline 109....
Menuju 80 kg...insya Allah bisa
Ini sedikit kilas balik waktu kuliah dulu, waktu itu kalo gak salah BB ku 105

15 jan 2016

Kisah penurunan BB ini memasuki bulan kedua, insya Allah double digit tercapai bulan ini...Aamiin
Selain berusaha dengan pola hidup baru, aku jg terus berdoa supaya dimudahkan dalam menjaga kebiasaan baru ini
Motivasi2 awal kembali kubaca
Dan aku menambahkan gerakan2 senam utk menambah percepatan
1. Push up lalu plank berulang2
2. Loncat2 sambil membuka dan menutup kaki dan tangan
3. Membuka kaki berulang2 sambil tangan menyentuh kaki
4. Gerakan Bersepeda sambil terlentang sambil sit up
5. Lari di tempat dengan lutut sejajar pinggang
6. Posisi push up lalu melakukan gerakan seperti memanjat tebing
Semua dilakukan selama 30 detik setiap harinya
Aku baru melakukannya 2 hari ini....dan perut kerasa sakit..hehe

19 Jan 2016





20-24 jan 2016
Banyak rekan sekarang mengikuti jejakku menjaga berat badan
Ipul arief amin zandi ica
Namun dgn cara dan motivasi berbeda beda
Akupun semakin bersemangat
Malem sabtu dan malam minggu aku sempet cheating karena ikut acara di banyuwangi
Mudah2an gak terlalu pengaruh ya

Bagaimanakah bentuk badan Rasulullah SAW? Ini mungkin bukan pertanyaan yang harus dijawab, tapi yang menjadi fokus kita adalah bagaimana pola hidup Rasulullah....?
Beberapa hadist dari berbagai sumber sudah menyebutkan, ini yang saya ingat..hehe
1. Rasulullah begitu selesai sholat shubuh kalau tidak ada makanan beliau akan puasa
2. sarapan dengan 7 butir kurma ajwa plus madu
3. itu aja sih yang kutahu

4 maret 2016

Setelah kuperhatikan ternyata banyak sekali pilihan kuliner khas di Indonesia ini yang tidak sehat utk dikonsumsi, seperti
- gorengan (tahu,pisang,tempe,bakwan,tahu isi)
- martabak manis dan goreng..kadang2 diisi keju yang ternyata membawa lemak jahat
- masakan padang, banyak santan, jeroan sapi dan kambing,
- kerupuk, yg jelas2 banyak minyaknya
- nasi goreng, nasi semua plus minyak second

22 Maret 2016

Sabtu minggu dan sore diisi dengan Sepedaan, Jogging dan Jalan sore

Sekarang aku join Telkomsel Runners, sudah berjalan 2 bulan. Ukur2 lingkar dan berat sudah jarang, terakhir sudah masuk ke 88.4 bahkan pernah ngehit 86.5 cuma naik lagi karena mulai makan 2x dan shake 1x sehingga BB agak naik. Sekarang makan tetep 2x dan shake 2x, BB stabil di angka 88.2 - 88.6.
Di Telkomsel runner alhamdulillah sudah stabil jarak tempuh 5K, dan sekarang beranjak ke jarak 10K walopun masih sering 7K karena keterbatasan waktu. Yap terbatas waktu sholat maghrib atau waktu antar anak ke sekolahan. Kalo weekend baru bisa aku kebut ke angka 10-11 K sekali lari.
Di komunitas ini alhamdulillah selalu terjaga semangat untuk tidak buncitnya, karena gak lucu juga kalo runner masa' buncit..hehe


Oh ya senin lalu sempat tes kesehatan dan alhamdulillah dari semua parameter yang di tes menunjukkan hasil yang menggembirakan

Ini hasil yang tidak mudah, proses 6 bulan bukan waktu yang sebentar utk ini, 6 bulan yang lalu semua parameter tsb pasti tidak lulus ujian..hehe..
Mudah2an target 80 kg bisa tercapai, aku gak terlalu ngoyo utk ngejer itu karena pola hidup ini harus terus kujaga sampai tua bahkan sampai mati. Hidup sehat bukan hanya hari ini saja, hari besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan harus selalu dijaga. Sesuai contoh dari Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam.
Allah senang dengan keindahan
Allah tidak senang dengan manusia yang berlebih2an
Allah senang dengan muslimin yang kuat jiwa, ruh dan raganya
Allah azza wajalla sudah memberikan kita tuntunan, perintah, dan larangan yang pasti baik untuk kita.
Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam sudah memberikan contoh kepada kita bagaimana hidup seorang mukmin. 
Lalu mau bagaimana lagi kita menjalani hidup ini? Apakah kita acuh saja?
Sekian dari saya
Allah azza wajalla pemberi hidayah
Mohon maaf jika ada kesalahan tulisan saya... 
Semangatttttttt
Foto bersama sahabat seperjuangan, Puji Asmoko

30 October, 2015

Renungan Surga Saya

Kita masuk surga bukan karena amalan kita melainkan karena kasih sayang Allah subhana huwata 'ala
Yes benar
Namun bagaimana Allah akan mengasihi kita, merahmati kita dan memberi kita kunci surganya jika kita bandel?
Allah mengasihi kita karena kita menaati perintahNya dan kita menjauhi laranganNya.
PerintahNya sudah dicontohkan oleh manusia yang paling Allah kasihi di muka bumi ini yaitu Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam. Segala tindak tanduk Beliau, mulai dari beliau bangun tidur sampai dengan beliau tidur kembali, mulai dari beliau dilahirkan sebagai utusan Allah sampai beliau wafat merupakan contoh sempurna bagi kita untuk mendapat Rahmat Allah subhanahuwata'ala.
Bagaimana kita tahu apa yang beliau lakukan sehari harinya maka kita harus mencari ilmu dari rujukan2 dari orang yang mengetahuinya (ulama). Tafsir Qur'an, hadist yg shahih merupakan sumber sempurna untuk memahami apa yg beliau lakukan.
Masuk surga memang mudah tapi jangan sampai kita menggampangkannya, masuk surga juga memang sulit tapi jangan pernah menyerah untuk meraihnya. Allah lewat Rasulullah Sallallahualaihi wassalam telah mencontohkannya, tergantung kita mau mencari dan mengamalkannya atau tidak. Tidak semua contoh dari Rasulullah kita bisa lakukan namun kita bisa berusaha untuk maksimal melakukan apa yang kita mampu. Amalan yang disukai Allah adalah amalan yang sedikit tapi konsisten.
Di dalam dunia nyata untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari pasangan biasanya kita melakukan apa yang diinginkannya dan menjauhi apa yang dia tidak suka.
Di dunia kerja untuk mendapatkan promosi dari atasan kita biasanya nurut terhadap perintahnya dan tidak melakukan apa yang tidak disukainya, lalu apakah analogi ini berlaku juga dengan hubungan kita dengan Sang Maha Pencipta??

06 July, 2015

Bulan di atas langit mulai habis

Perhatikan bulan di atas langit sudah mulai habis. Bulan itu seperti sumbu api petasan yang berkurang terus menuju ledakan. Bulan itu menandakan bulan yang agung ini akan segera berakhir berganti dengan bulan baru. Akhir dari sumbu api itu tergantung pada masing2 orang akankah ledakan itu membuat kita kaget menyesal atau akan mebahagiakan kita. Sama seperti petasan, ledakannya akhirnya ada yang mebuat orang kaget dan marah ada juga yang ledakannya membuat orang tertawa bahagia. 
Ramadhan masih ada, ayuk kita manfaatkan sebaik2nya. Jangan sampai ada penyesalan.... 

18 March, 2015

Back to 13th year ago

Hari kamis malam waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WITA., notifikasi chatting di HP ku berbunyi, kira2 isinya: kk Reza mau berangkat ke Bogor gak buat acara MTT,  karena mas Andi Fadli (ketua MTT) tidak bisa ikut.
Aku jawab aja mau mas asalkan diizinkan sama manager... Kebetulan juga aku lagi bingung untuk berangkat ke Bandung karena mama akan operasi jumat pagi di Cicendo. ALLAH berikan jalan untuk bisa menjenguk beliau dengan acara MTT ini pikirku. Singkat cerita izin sudah didapat dan tinggal tiket pesawat yang harus dicari,padahal acara akan dimulai jumat pagi jam 9 di Cigeretek Sukabumi. Hunting tiket sampai jam 01.00 dinihari akhirnya dapet pesawat jam 6 pagi. Dikarenakan pembayaran yang tidak bisa kartu kredit (CC bisa digunakan minimal 48 jam sebelum keberangkatan) akhirnya menuju ATM, untung saja masih ada sisa saldo yang cukup untuk beli tiket.
Aku pikir jika aku tidur di rumah maka kemungkinan besar pesawat jam 6 akan terlewat, akhirnya kuputuskan tidur di kantor karena ada driver yang standby untuk mengantar ke bandara. Tepat jam 04.30 aku berangkat ke BIL sambil ngantuk2 di mobil.
Jam 7 pagi alhamdulillah mendarat di Soetta dan perjalanan harus dilanjutkan dengan bis DAMRI menuju Baranansiang Bogor, dari Terminal akan ada mobil panitia yang akan menjemput. Tidak ada perasaan apa2 waktu itu karena pikiranku masih di Bandung apakah operasi mama sukses?..
Begitu aku memasuki area mukernas MTT di Villa Ratu aku merasakan ada suasana yang tidak asing, suasana yang sudah lama aku tinggalkan karena alasan kesibukan,suasana yang menenangkan dan membuka kembali kebahagiaan waktu Di ROHIS SMA dulu. Aku bertemu orang2 baru pengurus MTT dari seluruh Indonesia yang aura dan sikapnya sangat tidak asing bagiku... Subhanallah....
Aku rindu sekali suasana ini.
2 hari di Cigeretek kami disibukkan dengan santunan ke Rumah Sakit,sumbangan ke Palestina, kajian kekikinian, muhasabah,qiyamul lail, riyadhoh, dan bahkan melakukan olahraga sunnah Memanah.
Candaan, sikap, keorganisasian, semangat mengembalikan waktu yg sudah 13 tahun terlewat. Aku rindu sekali suasana ini.
Tak henti2nya aku bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk pertama kalinya ikut mukernas MTT ini....
Siang hari jumat itu aku mendengar kabar bahagia juga bahwa operasi mama berhasil, ada kesedihan karena tidak bisa mendampingi langsung, namun besok sabtu aku akan langsung ke Bandung menjenguk ibu seengaknya sebagai permintaan maaf karena tidak bisa mendampingi.

Alhamdulillah

Lampiran: http://www.knrp.org/2015/03/majelis-taklim-telkomsel-sumbang-rp-111-juta-untuk-palestina/

09 February, 2015

Bukan Buatan Makhluk

Di tahun tahun awal SMA aku masuk ke dalam sebuah organisasi keagamaan siswa.
Pada awal2 aku ikut pengajian tersebut, guru kami memberikan tugas untuk mulai saat itu mengaji alquran beserta membaca terjemahannya.
Aku agak lupa waktu itu mulai dari ayat berapa aku mulai membaca terjemahannya. Setiap abis sholat shubuh dan maghrib aku mengaji dan membaca terjemahan Alquran. 
Semakin lama kubaca setiap ayat demi ayat lembar demi lembar dan cukup lama juga kusadari setelah beberapa puluh lembar kubaca bahwa setiap terjemahan yang kubaca saat itu adalah jawaban dari berbagai permasalahan yang sedang kuhadapi pada saat itu.
Waktu itu aku berhadapan dengan masalah pelajaran, hubungan persahabatan, percintaan, hubungan dengan orangtua, eskul dan segala permasalahan yang lain dan semuanya ada jawabannya di Alquran menurutku waktu itu. 
Aku bertanya tanya kok bisa ya Alquran memberikanku jawaban2 tersurat dan tersirat yang padahal itu ditulis berabad abad yang lalu, dan permasalahan pubertas seperti yang kuhadapi waktu itu adalah masalah2 yang kupendam dalam hati. 
Aku pun sampai penasaran juga apakah teman2 lain yang satu pengajianku juga merasakan hal yang sama. 
Setelah berbagi cerita dengan beberapa teman, merekapun merasakan hal yang kurang lebih sama. 
Dan akupun berpikir bahwa bukan jawaban masalahnya yang mendatangi kita namun masalah yang diberikan oleh pembuat Alquran itu yang menunjukkannya.
Masalah2 tersebut sengaja ditimpakan kepadaku berbarengan dengan terjemahan yang kubaca hanya untuk menyadarkanku bahwa Alquran ini bukan buatan makhluk tetapi semata2 firman dari Sang Pencipta Makhluk. Allah subhanahu wata'ala. 
Allah yang menciptakan penyakit Allah pula yang ciptakan penawarnya
Allah ciptakan kemarau Allah juga yang ciptakan hujan
Allah ciptakan masalah yang menjadi cobaan untuk manusia Allah juga tempat meminta solusi dan jalan keluarnya
Alquran telah difirmankan kepada Rasulullah berabad2 yang lalu namun tak pernah lekang dimakan zaman. Karena memang zaman juga ciptaan Allah, dan Allah ciptakan pedoman bagi kita untuk mengarungi zaman. 
Wallahua'lam


Ditulis setelah 13 tahun lulus dari SMA

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku