22 October, 2017

Musik Itu Salah

Semakin belajar ilmu agama semakin saya sadar banyak sekali kesalahan yang telah saya buat
Contohnya musik, banyak sekali lini kehidupan kita yang dihiasi dengan musik. Mulai dari tayangan TV yang menyisipkan dan bahkan menjadikan musik sebagai konten utama. Mall yang selalu mempertunjukkan show dengan musik dan menjadikan musik sebagai pemanis mall yang diputar berulang-ulang. Iklan di Youtube dan media lain selalu memakai musik sebagai pengiring tayangannya. Astaghfirullah bahkan perusahaan selalu memakai pertunjukkan musik untuk menggarap konsumennya. Naudzubillah, dan pertunjukkan musik dimulai dengan Bismillah..Salah Kaprah
Astaghfirullah

Akhirnya Bebas

Akhirnya rumah yang dibeli tahun 2009 itu telah terjual. Rumah yang dibeli dengan KPR atau dengan kata lain hutang RIBA itu terjual juga. Hutang pertama kali yang menjerumuskan saya ke dalam hutang-hutang lainnya yang jauh dari kata berkah. KPR, Asuransi, dan Kartu Kredit adalah gurita hutang RIBA yang merajalela di zaman now ini. Semakin diingat semakin saya menyesal kenapa saya dulu begitu bodohnya menerima saja iming-iming :
1. Takut tidak mampu beli rumah karena harga tanah dan rumah semakin mahal setiap tahunnya
2. Takut uangnya habis jika tidak diinvestasikan keasuransi investasi
3. Takut kalau sakit tidak bisa membiayai biaya pengobatan karena biaya rumah sakit yan mahal
4. Takut pendidikan anak terbengkalai karena tidak punya biaya masuk kuliah
5. Takut mati tidak meninggalkan warisan yang cukup untuk istri dan anak-anak
6. Takut uangnya abis kalau beli barang CASH
7. Takut dan takut segalanya padahal semuanya belum terjadi
Naudzubillah tsumma naudzubillah, padahal semua belum terjadi, padahal ada ALLAH subhanahuwata'ala yang menguasai dunia dan akhirat. 
Padahal ALLAH lah Yang MAHA memberi rezeki, Yang Maha Kaya
Astaghfirullah
Semoga setelah ini Allah memudahkan saya dan keluarga untuk menghindari Hutang dan menguatkan kami untuk selalu tidak terlibat dalam transaksi RIBA apapun yang 73 tingkatan itu.

Dan setelah bebas dari segala hutang dan Riba itu saya tidak lagi punya nafsu atas benda-benda WOW dunia ini. Iphone 8, Motor 250 CC, Rumah Mewah, Mobil Baru, dan barang - barang lain yang kira-kira bisa disombongkan terhadap manusia lain.

Sungguh Allah Maha Tahu yang terbaik untuk hamba-NYA. Walaupun berkali - kali hamba-Nya tersebut melanggar perintah dan larangannya dengan segala kebodohan hamba tersebut, termasuk saya hamba yang sering melanggar.

Allah haramkan RIBA ternyata banyak manfaatnya, Allah tekan nafsu berlebihan terhadap dunia, Allah hindarkan saling tipu menipu di antara manusia bahkan keluarga sendiri, Allah jauhkan musibah - musibah yang silih berganti.. Masya Allah Subhanallah

08 August, 2017

ANTI RIBA' jalan menuju keberkahan

Masalah pertama apalagi kalo bukan Kemacetan adalah sebuah permasalahan dunia yang semakin lama semakin menyita perhatian manusia saat ini. Jarak ke tempat tujuan yg secara kilometer hanya beberapa saja namun harus ditempuh berjam jam. Lebih cepat berjalan kaki dan lari daripada naik kendaraan
Kenapa macet itu semakin parah? Karena semakin banyaknya kendaraan namun jalan yang dilalui hanya segitu segitu aja, atau jawaban lain dikarenakan pertumbuhan jumlah kendaraan jauh lebih besar daripada pertumbuhan lebar dan panjang jalan. Kenapa kendaraan semakin banyak? Karena semakin "mudah" nya manusia membeli kendaraan. Saat ini orang hanya butuh KTP, KK dan surat keterangan bekerja saja utk membeli kendaraan. "Mudah" nya syarat2 ini karena fasilitas keuangan berbasis RIBA' sangat banyak saat ini. Riba begitu menjamur, riba menyebabkan orang yg sebenarnya tidak mampu membeli menjadi mampu membeli, Riba menjadikan orang2 yang tadinya hanya bermimpi memiliki kendaraan mewah menjadi bisa memiliki kendaraan tersebut. Pada akhirnya mobil semakin banyak, bahkan seorang bisa memiliki lebih dari 1 mobil dan semuanya NYICIL. Naudzubillah....
Wahai saudaraku sebenernya kendaraan di dunia ini hanya fasilitas untuk memudahkan kita beraktivitas, siapapun boleh memilikinya namun cara yang digunakan harus juga mengikuti perintah Allah. Tidak ada sama sekali keberkahan pada kendaraan yang dibeli dengan cara RIBA'.

Yang kedua dikarenakan semakin mudahnya manusia mendapatkan barang ataupun uang, maka setiap manusia berbondong bondong membeli rumah di kota besar yang padahal harganya jauh dari jangkauan kemampuannya. Bahkan 1 orang bisa memiliki 2,3 bahkan lebih rumah dengan dalih sebagai "investasi" untuk disewakan. Akibatnya suatu wilayah menjadi semakin padat dan jauh melebihi kapasitas sebenarnya dari wilayah tersebut. Macetpun menjadi efek sampingan dari praktek menumpuk2 rumah ini. Padahal Rasulullah Sallahualaihi wasallan dulu memiliki rumah yang jikalau beliau sholat maka sholat di tempat tidur istrinya yg ketika sujud maka beliau memberi isyarat kepada istrinya untuk menekuk kakinya sebagai tempat sujud...Maasya Allah... Berhentilah menumpuk2 harta cukuplah dengan 1 atau bahkan 2 rumah, mulailah memberi dan menumpuk2 harta akhirat dengan cara bersedekah.

Yang ketiga kegemaran makan makanan yang mewah sehingga melebihi kemampuan sebenarnya, semua bisa dibeli dengan kartu kredit. Akhirnya restoran ramai2 menaikkan harganya hanya karena strategisnya lokasi, bagusnya pemandangan, pelayanan yang bagus padahal dengan rasa yang pas2an toh semua tetap bisa dibeli dengan riba'. Bukannya tidak boleh makan di restoran yang bagus namun semua harus kembali kepada kemampuan masing2 dan tetap memikirkan bagaimana perasaan saudara2 kita yang tidak mampu makan di restoran tersebut. Makan dengan riba' bukankah ini juga sebagai penyebab tidak makbulnya doa2 kita?

Keempat adalah semakin naiknya harga barang2 kebutuhan kita. Para produsen tidak khawatir dengan penetapan harga yang tinggi karena toh orang2 bisa beli dengan kredit dan produksi tetap tinggi. Contohnya harga mobil, mungkin banyak dari kita yang sadar bahwa kualitas mobil yang ada sekarang ini jauh menurun dibanding kualitas produksi mobil2 sebelum ini. Mungkin secara teknologi memang jauh lebih canggih daripada jaman dulu namun toh teknologi mau nggak mau harus digunakan setiap produsen mobil dan harga juga tidaklah semahal sekarang. Misalnya harga 1 mobil av**za saja, keuntungan produsen bisa 60% dari harga produksi mobilnya. Kenapa harga jual bisa jauh lebih mahal daripada harga produksi? Alasannya toh konsumen tetap bisa membeli, toh gaji para konsumen bisa masuk dengan fasilitas cicilan yang ada, apa salahnya coba? Dulu jaman Rasulullah sallallahu 'alaihi wassallam menjual kambing dengan mengambil keuntungan dari tali kekangannya saja.
Mungkin ada masalah2 lain yang belum saya coba angkat pada tulisan kali ini, yang saya sangat yakin permasalahan karena riba' ini pasti sangat banyak. Karena dicabutnya keberkahan harta karena RIBA' pasti menimbulkan efek negatif pada semua orang yang menikmatinya. Karena Janji Allah pasti BENAR.
Saya mengenal banyak orang yang sangat ANTI RIBA' dan saya melihat tidak ada kekhawatiran dari dirinya atas rezeki yang dia dapatkan, dia tidak khawatir dengan motornya yang seken dan sudah mulai kusam, dia tidak khawatir dengan rumahnya yang jauh dari kota besar, dia tidak khawatir dengan pendidikan tinggi lanjutan dari anak2nya kelak, dia tidak bingung dengan mau makan apa hari ini, malah dia lebih khawatir dengan ibadah apa yang belum saya lakukan saat ini, dia khawatir dengan tetangganya yang belum makan, dia bingung kalau anak2nya belum melaksanakan sholat fardhu, dia marah kalo istrinya berbuat melanggar sunnah Rasulnya. Allahuakbar, selain karena ilmunya saya yakin karena hartanya juga murni barokah tanpa ada percikan2 RIBAWI...masya Allah
Benarlah larangan Allah dan Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam jikalau kita menjauhi RIBA' maka efek duniawi dan akhiratnya sangat positif. Setiap orang akan bersyukur dengan apa yang dimiliki, orang2 tidak akan mencari sekolahan dan rumah yang strategis untuk memenuhi kebutuhannya cukup dengan rumah di desa yang asri dan bersahaja menjalani kehidupan sehari hari.
Mudah2an kita semua dijauhkan dari percikan2 RIBAWI yang BISA menyebabkan kita cenderung cinta DUNIA dan takut MATI

27 December, 2016

Bencana yang silih berganti

Bencana yang datang ke negara kita ini silih berganti datang setiap tahunnya. Di 2016 ini sudah 8 bencana yang tercatat di situs bnpb. Yang terbesar adalah gempa bumi di Pidie Aceh dan banjir bandang di Bima (belum tercatat di situ bnpb). Bencana ini datangnya bukan sia sia, pasti ada hikmah di balik semua kejadian yang telah di takdirkan Allah Subhanahuwata 'ala. Kita sebagai makhluk Allah harus bisa menyadari diri bahwa Allah menurunkan segala sesuatu disertai dengan hikmah yang tersimpan. 

Perilaku kita sebagai manusia harus yang pertama kali kita pertanyakan jikalau ada musibah yang datang. Walopun ini sangat berat bagi saya pribadi terkadang saya sangat bodoh dan jahil untuk tidak menyadari musibah yang datang. Dangkalnya pemahaman ilmu saya sangat mempenaruhi sikap saya dalam menghadapi takdir. 

Contohnya :
ketika kita sedang buru-buru mau berangkat ke suatu tempat tiba-tiba hujan deras, apa sikap kita?
Ketika kita sedang tidak ada uang di tangan atau di bank tiba-tiba anak kita sakit dan butuh pengobatan ke dokter, apa perkataan kita?
ketika kita sedang dalam perjalanan menuju tempat yang jauh tiba2 ban mobil kita meletus di tengah jalan, apakah reaksi kita?
Ketika kita sedang banyak uang, baru gajian, tiba2 banjir bandang datang memenuhi rumah kita, apakah tangapan kita?

Astaghfirullah... sungguh kita masih senang berburuk sangka terhadap takdir Allah, sungguh kita seorang manusia yang masih jauh dari kesadaran terhadap hikmah yang sedang Allah turunkan bersama musibah yang datang.

Namun sebuah nasihat dari seorang ustadz ini mudah2an bisa menampar wajah kita untuk segera sadar. Allahu musta'an.. Wallahu a'lam bishawab...

Abu Abdullah, Mataram 27 Des 2016

07 December, 2016

Lombok Marathon edisi pertama 2016

Untuk kesekian kalinya lomba lari diadakan di Lombok, tapi yang bener2 kelas nasional sepertinya baru Lombok Marathon 2016 ini. Alhamdulillah saya pribadi bisa ikut merasakan bagaimana gegap gempitanya lombok marathon ini di kelas HM. Ini lomba pertama saya semenjak saya ikut2an lari 8 bulan yang lalu.
Niat awal ikut2an lari sebenernya untuk menjaga berat badan tubuh agar tidak gemuk lagi, selain itu olahraga ini paling murah karena cuma butuh tambahan sepatu lari yang mumpuni yang harganya gak semahal sepeda, kamera ataupun alat2 hobi lainnya. Laripun bisa dilakukan dimana aja, ketika kita pulang kampung atau dinas luar kota atau luar negri cukup membawa sepatu saja tidak perlu bawa alat2 yang berat. Lari juga tidak butuh tim tapi kalo ada tim bisa lebih semangat sih.hehe.
Kelas HM di Lombok Marathon ini juga membuat saya deg2an. Karena saya belum pernah sama sekali lari sampe 21.097 km sekali lari. Maksimal pencapaian saya adalah 19 km, itupun dicapai dengan berjalan kaki 8 km dan menempuh waktu 3.5 jam dengan tenggorokan kering dan dehidrasi.
Alhamdulillah 5 Rabiul Awwal 1438 H kemarin yang bertepatan dengan 4 Des 2016 saya berhasil mencapai target HM pertama dengan catatan waktu yang terekam di aplikasi endomondo 2 jam 27 menit. Sebuah catatan yang sebenarnya tidak terlalu saya harapkan karena target saya di awal lari adalah yang penting finish di bawah COT 3.5 jam.
Awal start saya hanya berlari2 kecil dan saya sama sekali tidak peduli dengan pace. Banyak sekali pelari2 lain yang berpengalaman melewati saya satu persatu. Bahkan saya dilewati ibu - ibu yang mungkin umurnya sudah di atas 40 tahun. Saya tidak peduli sama sekali, namun mungkin ini sebabnya para runner dari seluruh Indonesia dan dunia yang berlomba kemarin senang sekali mengikuti event race marathon seperti ini. Semangat itu muncul dari sekitar kita bahkan dari masyarakat yang menonton di pinggir2 jalur. Di kilometer 10 ketika tanjakan sudah habis di jalur senggigi square - kota tua - taman malomba - polda - majapahit - LEM - bung karno - catur warga - Telkom - langko - pejanggik - gubernuran ini mulai saya gas kembali pace saya. Saya mulai berlari seperti biasanya di pace 6 - 7, saya ingin mengejar ketertinggalan saya dengan runners yang sudah lebih dulu di depan. Bahkan 1 km terakhir saya gas lagi pace saya sampai di bawah 6 min/km. Alhamdulillah wa syukurillah saya berhasil meminjam istilah runners "finish strong"  di garis finish kantor gubernuran. Saya sangat puas dengan pencapaian ini, insya Allah tahun depan bisa ikut yang FM.
Di Lombok Marathon ini ada beberapa yang menarik perhatian saya. TGB Zainul Majdi ikutan race HM dan beliau bisa finish 2.15 menitan. Luar biasa.... Ibu2 yang notabene umurnya sudah di atas 40 tahunan bisa mengikuti Full Marathon 42.195 km lo. Wowww... Latihan sejak muda memang membuat masa tua menjadi lebih kuat ya, mudah2an belum terlambat bagi saya untuk bisa mengikuti kesehatan mereka. Waktu shubuh jam 4.24 race dimulai 4.45, namun sangat sedikit sekali yang ikutan sholat shubuh di mushola/masjid terdekat. Padahal menurut saya sangat yakin mayoritas runner adalah muslim. Bahkan ada runner yang sholat ketika adzan baru mulai, tidak menunggu adzan selesai. Ketika adzan sudah selesai pun ada seorang bapak yang kaget ketika saya mengusulkan untuk sholat sunnah fajar dulu, yang nilainya lebih baik dari dunia dan isinya. Subhanallah. Hal lain yang saya cermati adalah banyaknya aurat yang terbuka dari runners baik laki2 apalagi wanita.... Hmmm....Astaghfirullah
Overall Lombok Marathon ini sukses penyelenggaraannya dan sangat recomend untuk diikuti tahun depan. Selain medalinya yang bagus, kaos finisher utk HM dan FM serta rute yang clear dan dipinggir pantai.
Semoga Allah meridhoi saya di tahun depan ikut FM...Aamiin


20 November, 2016

Hidden Singapore

Singapura adalah sebuah negri kecil yg katanya hanya seluas 1/6 pulau Bali. Di negri yg disebut RED DOT oleh Pak Prof DR BJ Habibie ini hidup berbagai macam bangsa dan agama, mulai dari Indonesia, India, Melayu, Tionghoa, dan Eropa. Agama2 yang tersebar di negri ini juga berbagai macam seperti katholik, protestan, yahudi, ahmadiyah, budha, hindu dan ISLAM dan mungkin ada agama lainnya yang saya juga belum tahu. Di negri ini wisata utamanya adalah kecanggihan mereka dalam membuat pertunjukkan, desain2 gedung pencakar langit, kesatuan transportasi umum dan mungkin kebersihan negaranya.
Sistem pemakaman di Singapura cukup menarik perhatian saya juga. Disediakan di tanah wakaf, jenazah dimakamkan selama 15 tahun di liang lahat 1x2 m. Setelah 15 tahun makam tersebut dibongkar dan diambil sisa2nya yang mungkin maksudnya tulang belakang yang seperti Firman Allah tidak akan hancur dimakan tanah akan dikumpulkan lalu dimakamkan 6 sisa jenazah dalam tanah 1x2 m. Lalu di atasnya dibuatkan taman selama 2 tahun, setelah itu jenazah baru akan bisa dimakamkan kembali di atasnya. Istilahnya daur ulang permakaman.
Hal lain yang menggelitik adalah bagaimana sholat shubuh di MASJID KHALID yang lumayan sepi sama seperti Indonesia sekarang. Ternyata kesepian shubuh berjamaah di masjid melanda Indonesia dan juga Singapura. Padahal ada sebuah hadist mengatakan bahwa tidak akan pernah berjaya umat muslim yang sholat shubuh berjamaahnya belum sama ramenya dengan jumatan.astaghfirullah.
Oh ya Masjid Khalid ini terletak di Joo Chiat Rd South Singapore. Agak mencengangkan juga masjid ini dikelilingi oleh tempat2 hiburan malam. Mudah2an Allah menguatkan umat muslim di sekitarnya untuk tetap menjaga keimanan dan izzah umat muslim. Semoga kita dikumpulkan oleh Allah dalam surgaNya.
Universal Studio adalah salah satu pusat hiburan keluarga di Singapura. Ada berbagai macam wahana yang membuat adrenalin meningkat disini dan juga berbagai wahana santai yang boleh dinaiki anak-anak. Namun yang menjadi perhatian adalah kecilnya mushola yang disediakan di sini untuk melayani banyaknya umat muslim yang berkunjung ke Universal Studio, mungkin hanya sekitar 5x5 m luas yang disediakan.
Hal lain yang ingin saya komentari adalah bagaimana pemerintah Singapura sangat memikirkan warganya. Mulai dari kesehatan, kesejahteraan, keamanan, ruang terbuka, dan lainnya. Namun dibalik kecanggihan sistem kemakmuran dan gedung2 yang tinggi ternyata ada yang sungguh menggelitik saya, yaitu bagaimana orang2 lansia masih disediakan pekerjaan oleh pemerintah di beberapa profesi seperti pencatat kedatangan orang di tempat parkir, porter bandara, pelayan restoran, dan beberapa profesi ringan lain yang masih bisa dikerjakan oleh mereka. Mungkin pemerintah bermaksud agar para lansia tetap punya tenpat beraktualisasi diri dengan lingkungannya.
Ada lagi yang ingin saya komentari yaitu bagaimana fashion manusia di Singapura sangat beragam dan senang mengumbar aurat. Itu saja...saya tidak akan membahasnya lebih lanjut.
Di Singapura jika orang tidak berpenghasilan susah untuk hidup karena semuanya harus bayar mulai dari transportasi, makan, sekolah, mungkin itu sebabnya orang2 tua tetap bekerja disana. Tidak bisa hanya dengan bermodal pancing atau jala saja bisa mendapatkan hasil di Singapura.
Siaran berita di Singapura juga  memarginalkan umat muslim khususnya tentang bagaimana aksi 411 yang lalu di Jakarta yang menurut mereka A**k adalah orang yang benar dan umat muslim sudah menzalimi dia. Potongan2 video yang ditayangkan pun hanya kerusuhan yang dilakukan oleh sebagian kecil orang yang kemungkinan besar bukan peserta aksi aslinya. Sungguh umat muslim Indonesia di mata mediacorp Singapura benar2 difitnah. Semoga Allah beri mereka petunjuk.

Itu saja dulu unek2 kunjungan saya ke negri RED DOT ini selama 3 hari 2 malam, kalau ada tambahan yang teringat akan diusahakan untuk dituliskan kemudian.

GA 841 20 Nov 2016

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku