07 December, 2016

Lombok Marathon edisi pertama 2016

Untuk kesekian kalinya lomba lari diadakan di Lombok, tapi yang bener2 kelas nasional sepertinya baru Lombok Marathon 2016 ini. Alhamdulillah saya pribadi bisa ikut merasakan bagaimana gegap gempitanya lombok marathon ini di kelas HM. Ini lomba pertama saya semenjak saya ikut2an lari 8 bulan yang lalu.
Niat awal ikut2an lari sebenernya untuk menjaga berat badan tubuh agar tidak gemuk lagi, selain itu olahraga ini paling murah karena cuma butuh tambahan sepatu lari yang mumpuni yang harganya gak semahal sepeda, kamera ataupun alat2 hobi lainnya. Laripun bisa dilakukan dimana aja, ketika kita pulang kampung atau dinas luar kota atau luar negri cukup membawa sepatu saja tidak perlu bawa alat2 yang berat. Lari juga tidak butuh tim tapi kalo ada tim bisa lebih semangat sih.hehe.
Kelas HM di Lombok Marathon ini juga membuat saya deg2an. Karena saya belum pernah sama sekali lari sampe 21.097 km sekali lari. Maksimal pencapaian saya adalah 19 km, itupun dicapai dengan berjalan kaki 8 km dan menempuh waktu 3.5 jam dengan tenggorokan kering dan dehidrasi.
Alhamdulillah 5 Rabiul Awwal 1438 H kemarin yang bertepatan dengan 4 Des 2016 saya berhasil mencapai target HM pertama dengan catatan waktu yang terekam di aplikasi endomondo 2 jam 27 menit. Sebuah catatan yang sebenarnya tidak terlalu saya harapkan karena target saya di awal lari adalah yang penting finish di bawah COT 3.5 jam.
Awal start saya hanya berlari2 kecil dan saya sama sekali tidak peduli dengan pace. Banyak sekali pelari2 lain yang berpengalaman melewati saya satu persatu. Bahkan saya dilewati ibu - ibu yang mungkin umurnya sudah di atas 40 tahun. Saya tidak peduli sama sekali, namun mungkin ini sebabnya para runner dari seluruh Indonesia dan dunia yang berlomba kemarin senang sekali mengikuti event race marathon seperti ini. Semangat itu muncul dari sekitar kita bahkan dari masyarakat yang menonton di pinggir2 jalur. Di kilometer 10 ketika tanjakan sudah habis di jalur senggigi square - kota tua - taman malomba - polda - majapahit - LEM - bung karno - catur warga - Telkom - langko - pejanggik - gubernuran ini mulai saya gas kembali pace saya. Saya mulai berlari seperti biasanya di pace 6 - 7, saya ingin mengejar ketertinggalan saya dengan runners yang sudah lebih dulu di depan. Bahkan 1 km terakhir saya gas lagi pace saya sampai di bawah 6 min/km. Alhamdulillah wa syukurillah saya berhasil meminjam istilah runners "finish strong"  di garis finish kantor gubernuran. Saya sangat puas dengan pencapaian ini, insya Allah tahun depan bisa ikut yang FM.
Di Lombok Marathon ini ada beberapa yang menarik perhatian saya. TGB Zainul Majdi ikutan race HM dan beliau bisa finish 2.15 menitan. Luar biasa.... Ibu2 yang notabene umurnya sudah di atas 40 tahunan bisa mengikuti Full Marathon 42.195 km lo. Wowww... Latihan sejak muda memang membuat masa tua menjadi lebih kuat ya, mudah2an belum terlambat bagi saya untuk bisa mengikuti kesehatan mereka. Waktu shubuh jam 4.24 race dimulai 4.45, namun sangat sedikit sekali yang ikutan sholat shubuh di mushola/masjid terdekat. Padahal menurut saya sangat yakin mayoritas runner adalah muslim. Bahkan ada runner yang sholat ketika adzan baru mulai, tidak menunggu adzan selesai. Ketika adzan sudah selesai pun ada seorang bapak yang kaget ketika saya mengusulkan untuk sholat sunnah fajar dulu, yang nilainya lebih baik dari dunia dan isinya. Subhanallah. Hal lain yang saya cermati adalah banyaknya aurat yang terbuka dari runners baik laki2 apalagi wanita.... Hmmm....Astaghfirullah
Overall Lombok Marathon ini sukses penyelenggaraannya dan sangat recomend untuk diikuti tahun depan. Selain medalinya yang bagus, kaos finisher utk HM dan FM serta rute yang clear dan dipinggir pantai.
Semoga Allah meridhoi saya di tahun depan ikut FM...Aamiin


20 November, 2016

Hidden Singapore

Singapura adalah sebuah negri kecil yg katanya hanya seluas 1/6 pulau Bali. Di negri yg disebut RED DOT oleh Pak Prof DR BJ Habibie ini hidup berbagai macam bangsa dan agama, mulai dari Indonesia, India, Melayu, Tionghoa, dan Eropa. Agama2 yang tersebar di negri ini juga berbagai macam seperti katholik, protestan, yahudi, ahmadiyah, budha, hindu dan ISLAM dan mungkin ada agama lainnya yang saya juga belum tahu. Di negri ini wisata utamanya adalah kecanggihan mereka dalam membuat pertunjukkan, desain2 gedung pencakar langit, kesatuan transportasi umum dan mungkin kebersihan negaranya.
Sistem pemakaman di Singapura cukup menarik perhatian saya juga. Disediakan di tanah wakaf, jenazah dimakamkan selama 15 tahun di liang lahat 1x2 m. Setelah 15 tahun makam tersebut dibongkar dan diambil sisa2nya yang mungkin maksudnya tulang belakang yang seperti Firman Allah tidak akan hancur dimakan tanah akan dikumpulkan lalu dimakamkan 6 sisa jenazah dalam tanah 1x2 m. Lalu di atasnya dibuatkan taman selama 2 tahun, setelah itu jenazah baru akan bisa dimakamkan kembali di atasnya. Istilahnya daur ulang permakaman.
Hal lain yang menggelitik adalah bagaimana sholat shubuh di MASJID KHALID yang lumayan sepi sama seperti Indonesia sekarang. Ternyata kesepian shubuh berjamaah di masjid melanda Indonesia dan juga Singapura. Padahal ada sebuah hadist mengatakan bahwa tidak akan pernah berjaya umat muslim yang sholat shubuh berjamaahnya belum sama ramenya dengan jumatan.astaghfirullah.
Oh ya Masjid Khalid ini terletak di Joo Chiat Rd South Singapore. Agak mencengangkan juga masjid ini dikelilingi oleh tempat2 hiburan malam. Mudah2an Allah menguatkan umat muslim di sekitarnya untuk tetap menjaga keimanan dan izzah umat muslim. Semoga kita dikumpulkan oleh Allah dalam surgaNya.
Universal Studio adalah salah satu pusat hiburan keluarga di Singapura. Ada berbagai macam wahana yang membuat adrenalin meningkat disini dan juga berbagai wahana santai yang boleh dinaiki anak-anak. Namun yang menjadi perhatian adalah kecilnya mushola yang disediakan di sini untuk melayani banyaknya umat muslim yang berkunjung ke Universal Studio, mungkin hanya sekitar 5x5 m luas yang disediakan.
Hal lain yang ingin saya komentari adalah bagaimana pemerintah Singapura sangat memikirkan warganya. Mulai dari kesehatan, kesejahteraan, keamanan, ruang terbuka, dan lainnya. Namun dibalik kecanggihan sistem kemakmuran dan gedung2 yang tinggi ternyata ada yang sungguh menggelitik saya, yaitu bagaimana orang2 lansia masih disediakan pekerjaan oleh pemerintah di beberapa profesi seperti pencatat kedatangan orang di tempat parkir, porter bandara, pelayan restoran, dan beberapa profesi ringan lain yang masih bisa dikerjakan oleh mereka. Mungkin pemerintah bermaksud agar para lansia tetap punya tenpat beraktualisasi diri dengan lingkungannya.
Ada lagi yang ingin saya komentari yaitu bagaimana fashion manusia di Singapura sangat beragam dan senang mengumbar aurat. Itu saja...saya tidak akan membahasnya lebih lanjut.
Di Singapura jika orang tidak berpenghasilan susah untuk hidup karena semuanya harus bayar mulai dari transportasi, makan, sekolah, mungkin itu sebabnya orang2 tua tetap bekerja disana. Tidak bisa hanya dengan bermodal pancing atau jala saja bisa mendapatkan hasil di Singapura.
Siaran berita di Singapura juga  memarginalkan umat muslim khususnya tentang bagaimana aksi 411 yang lalu di Jakarta yang menurut mereka A**k adalah orang yang benar dan umat muslim sudah menzalimi dia. Potongan2 video yang ditayangkan pun hanya kerusuhan yang dilakukan oleh sebagian kecil orang yang kemungkinan besar bukan peserta aksi aslinya. Sungguh umat muslim Indonesia di mata mediacorp Singapura benar2 difitnah. Semoga Allah beri mereka petunjuk.

Itu saja dulu unek2 kunjungan saya ke negri RED DOT ini selama 3 hari 2 malam, kalau ada tambahan yang teringat akan diusahakan untuk dituliskan kemudian.

GA 841 20 Nov 2016

16 November, 2016

Shubuh yang hilang

Setelah berbagai kasus yang menyerang kaum muslimin entah itu tuduhan teroris, serangan syiah, serangan saudara kita di Rohingya, Suriah, Filipina Selatan, bahkan ibukota muslimin di Mekkah pun diserang dari berbagai penjuru melengkapi kasus negri Palestina yang sudah lebih dulu diserang musuh Islam, dan memang mereka tidak pernah senang dengan eksistensi kita, masihkah tersisa kaum muslimin di dunia ini?
Oh itu kan terjadi di luar negri lah, gak ngaruh lah ke negri kita yang damai sentosa gemah ripah loh jinawi. Terakhir kasus Al Maidah 51 yang menghebohkan jagad raya Indonesia yang katanya toleran, gotong royong dan tepo seliro, masihkah hati kita belum terketuk?
Ayo muslimin saudara2ku kita kembali ke ajaran asli kita sesuai sunnah Rasulullah, mari kita kembali kepada perintah2 Allah seutuhnya dan menjauhi larangan2Nya sejauh mungkin.
Tinggalkan update2 status sosmed yg gak penting, tinggalkan 90 menit nonton bola yang sia2, tinggalkan ngumpul2 di cafe dan warung kopi yang menghabiskan waktu, tinggalkan pacaran2 yang menambah dosa, tinggalkan maen2 motor yang cuma nambahin celaka.
Tinggalkan saja tipi yang membodohi, tinggalkan saja idola2 semu duniawi, tinggalkan sekarang saudaraku...
Kembalilah kepada ilmu untuk menyehatkan ruhanimu, kembalilah kepada ulama dan ustadz untuk mengembalikan ghirahmu, kembalilah kepada sunnah untuk menyempurnakan agamamu, kembalilah kepada Allah untuk menyelamatkan akhiratmu, olahraga fisiklah untuk menyiapkan diri menuju peperangan akhir zaman...
Datangilah masjid2 minimal 5 waktu sehari untuk menenangkan hatimu..please saudara2ku yang muda tua maupun anak2. Kami butuh kalian untuk melawan musuh2 Allah. Allah tidak butuh kita tapi kita yang butuh Allah... Jangan sampai akhir hidup kita menjadi sebuah kesalahan.
Mungkin awal hidup kita kurang baik tapi pilihan masih ada di kita untuk mengakhiri hidup dengan mulia...

14 July, 2016

Adakah Mukminin tersisa di Masjid setelah Ramadhan? #selfreminder

Bulan syawal ini mesjid kembali kosong, jamaahnya ya sama seperti sebelum Ramadhan aja. Orang - orangnya ya itu2 juga.. Mana semangaatttnya? Mana semangat Ramadhannya?
Padahal masjid masih tetep buka lo sepanjang tahun. Oh ya Allahu ya robbi, 

Aku kira dengan semakin terpojoknya umat Islam di dunia ini dengan beberapa berita di negara2 tetangga seperti Myanmar, Filipina, Suriah, Yaman, Mesir dan Palestina yang umat muslim sunni nya terzalimi dan dijajah akan semakin menguatkan ghirah atau semangat keimanan umat muslim di Indonesia ini terutama di sini. Tahukah kita bahwa umat muslim sunni akan dipojokkkan dan hanya keimanan yang kuatlah yang akan membuat Allah subhanallahu wata'ala menolong ummatnya. Kalo keimanan kita kendor, lemah dan tidak PeDe apa yang menyebabkan Allah azza wajalla menolong kita??? Ya Allah....

Lantas bagaimana iman mau kuat kalo datang ke mesjid pada saat jum'atan saja, denger ceramahpun tidak karena ketiduran dengan alasan capek kerja ??? 
Kajian banyak tersedia di Youtube dan website pun tidak pernah dikunjungi. 
Acara TV Islami banyak tapi selalu diganti dengan channel hiburan ataupun berita duniawi
Smartphone banyak stalking sosmed orang lain daripada buka aplikasi2 Islami
Telinga lebih suka mendengar lirik2 penyair yang dilaknat Allah azza wajalla daripada rekaman kajian ataupun murottal dari Imam yang merdu suaranya. Ya Allah....

Bahkan baru2 ini ada seorang ustadz yang sampai klarifikasi di youtube karena banyaknya fitnah2 dari oknum umat muslim sendiri terhadapnya. Penyeru kebenaran pun diganggu... Ya Allah....

Alangkah rindunya kami padamu Ya Rasulullah... Rindunya kami pada bimbinganmu kepada sahabatmu dulu. Allahu ya robbi kuatkan dan dekatkan kami selalu dengan ulama dunia ini sekarang.... Pertemukan kami karena Mu Ya Allahu ya robbi


25 May, 2016

Sehat Yuks

7 Desember 2015
Motivasi ;
1. Firman Allah dan Hadist Rasulullah. Orang yang berlebihan dilarang
2. Di perang khandaq Rasulullah sebelum memecah batu mengeluarkan 3 batu kecil yg diselipkan di sabuknya utk membantu beliau menahan lapar. Lalu kita yg selalu kenyang gragas dan obesitas ingin mendapatkan surga seperti yang Allah janjikan? Sedangkan contoh/teladan kita seperti Rasulullah? Ane harus ngaca....
3. Sebagai ayah tidak ingin merepotkan keluarganya hanya karena sakit2an seperti jantung,darah tinggi,diabetes,lemah stamina (sehat sampai tua)
4. Ingin naik gunung Rinjani di bulan mei 2016
5. Ingin lincah maen futsal lagi
6. Rasulullah mensunnahkan makan setelah lapar berhenti sebelum kenyang, membagi perut menjadi 3 bagian air,udara dan makanan
7. Alasan yg satu ini agak ekstrim tp ini sesuai janji Allah dan prediksi Rasulullah, bahwa akan ada perang akhir zaman... Mana ada tentara Allah yg gemuk... Kena panah duluan itu sih
7-10 desember ; diet tanpa herbalife, hanya tidak menkonsumsi makan di malam hari, berat badan di tgl 10 des 2015 121.0 kg. Namun siang hari sebelum makan siang memang kurang bertenaga dan ngantukan
11 desember ; baru minum shake 2x, malam tgl 10 dan pagi tgl 11 setelah ditimbang berat badan 120,3 kg. Namun belum lihat nanti setelah makan siang, memang biasanya sore hari waktu nimbangnya.. Herbal tea sebelum tidur td malam dan setelah tidur membuat BAB lancar banget padahal tadi malam gak makan apa2, apa iya masih ada sampah di dalam perut yg dikeluarkan tadi pagi?
Mungkin
12 des ; maen futsal sambil diselingi aloe dan teh, hasilnya perut panas, abis futsal badan lemes, minum air dah 3 liter padahal baru jam 11
Motivasi dan disiplin... Motivasi terbesar adalah sunnah dr Rasulullah...insya Allah
13 des ; capek, pagi famgath capek, siang undangan, malem ngemall
14 des ; 118.1 kg
16 des ; futsal
17 des ; 115.9
18 des ; kacau, makan siang kebanyakan gorengan, malem di liqo dikasih nasi goreng telur untung cuma dikit makannya
19 des ; futsal

Ada sebuah harapan baru
Mulai tgl 10 jan ini aku mulai dengan baseline 109....
Menuju 80 kg...insya Allah bisa
Ini sedikit kilas balik waktu kuliah dulu, waktu itu kalo gak salah BB ku 105

15 jan 2016

Kisah penurunan BB ini memasuki bulan kedua, insya Allah double digit tercapai bulan ini...Aamiin
Selain berusaha dengan pola hidup baru, aku jg terus berdoa supaya dimudahkan dalam menjaga kebiasaan baru ini
Motivasi2 awal kembali kubaca
Dan aku menambahkan gerakan2 senam utk menambah percepatan
1. Push up lalu plank berulang2
2. Loncat2 sambil membuka dan menutup kaki dan tangan
3. Membuka kaki berulang2 sambil tangan menyentuh kaki
4. Gerakan Bersepeda sambil terlentang sambil sit up
5. Lari di tempat dengan lutut sejajar pinggang
6. Posisi push up lalu melakukan gerakan seperti memanjat tebing
Semua dilakukan selama 30 detik setiap harinya
Aku baru melakukannya 2 hari ini....dan perut kerasa sakit..hehe

19 Jan 2016





20-24 jan 2016
Banyak rekan sekarang mengikuti jejakku menjaga berat badan
Ipul arief amin zandi ica
Namun dgn cara dan motivasi berbeda beda
Akupun semakin bersemangat
Malem sabtu dan malam minggu aku sempet cheating karena ikut acara di banyuwangi
Mudah2an gak terlalu pengaruh ya

Bagaimanakah bentuk badan Rasulullah SAW? Ini mungkin bukan pertanyaan yang harus dijawab, tapi yang menjadi fokus kita adalah bagaimana pola hidup Rasulullah....?
Beberapa hadist dari berbagai sumber sudah menyebutkan, ini yang saya ingat..hehe
1. Rasulullah begitu selesai sholat shubuh kalau tidak ada makanan beliau akan puasa
2. sarapan dengan 7 butir kurma ajwa plus madu
3. itu aja sih yang kutahu

4 maret 2016

Setelah kuperhatikan ternyata banyak sekali pilihan kuliner khas di Indonesia ini yang tidak sehat utk dikonsumsi, seperti
- gorengan (tahu,pisang,tempe,bakwan,tahu isi)
- martabak manis dan goreng..kadang2 diisi keju yang ternyata membawa lemak jahat
- masakan padang, banyak santan, jeroan sapi dan kambing,
- kerupuk, yg jelas2 banyak minyaknya
- nasi goreng, nasi semua plus minyak second

22 Maret 2016

Sabtu minggu dan sore diisi dengan Sepedaan, Jogging dan Jalan sore

Sekarang aku join Telkomsel Runners, sudah berjalan 2 bulan. Ukur2 lingkar dan berat sudah jarang, terakhir sudah masuk ke 88.4 bahkan pernah ngehit 86.5 cuma naik lagi karena mulai makan 2x dan shake 1x sehingga BB agak naik. Sekarang makan tetep 2x dan shake 2x, BB stabil di angka 88.2 - 88.6.
Di Telkomsel runner alhamdulillah sudah stabil jarak tempuh 5K, dan sekarang beranjak ke jarak 10K walopun masih sering 7K karena keterbatasan waktu. Yap terbatas waktu sholat maghrib atau waktu antar anak ke sekolahan. Kalo weekend baru bisa aku kebut ke angka 10-11 K sekali lari.
Di komunitas ini alhamdulillah selalu terjaga semangat untuk tidak buncitnya, karena gak lucu juga kalo runner masa' buncit..hehe


Oh ya senin lalu sempat tes kesehatan dan alhamdulillah dari semua parameter yang di tes menunjukkan hasil yang menggembirakan

Ini hasil yang tidak mudah, proses 6 bulan bukan waktu yang sebentar utk ini, 6 bulan yang lalu semua parameter tsb pasti tidak lulus ujian..hehe..
Mudah2an target 80 kg bisa tercapai, aku gak terlalu ngoyo utk ngejer itu karena pola hidup ini harus terus kujaga sampai tua bahkan sampai mati. Hidup sehat bukan hanya hari ini saja, hari besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan harus selalu dijaga. Sesuai contoh dari Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam.
Allah senang dengan keindahan
Allah tidak senang dengan manusia yang berlebih2an
Allah senang dengan muslimin yang kuat jiwa, ruh dan raganya
Allah azza wajalla sudah memberikan kita tuntunan, perintah, dan larangan yang pasti baik untuk kita.
Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam sudah memberikan contoh kepada kita bagaimana hidup seorang mukmin. 
Lalu mau bagaimana lagi kita menjalani hidup ini? Apakah kita acuh saja?
Sekian dari saya
Allah azza wajalla pemberi hidayah
Mohon maaf jika ada kesalahan tulisan saya... 
Semangatttttttt
Foto bersama sahabat seperjuangan, Puji Asmoko

30 October, 2015

Renungan Surga Saya

Kita masuk surga bukan karena amalan kita melainkan karena kasih sayang Allah subhana huwata 'ala
Yes benar
Namun bagaimana Allah akan mengasihi kita, merahmati kita dan memberi kita kunci surganya jika kita bandel?
Allah mengasihi kita karena kita menaati perintahNya dan kita menjauhi laranganNya.
PerintahNya sudah dicontohkan oleh manusia yang paling Allah kasihi di muka bumi ini yaitu Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam. Segala tindak tanduk Beliau, mulai dari beliau bangun tidur sampai dengan beliau tidur kembali, mulai dari beliau dilahirkan sebagai utusan Allah sampai beliau wafat merupakan contoh sempurna bagi kita untuk mendapat Rahmat Allah subhanahuwata'ala.
Bagaimana kita tahu apa yang beliau lakukan sehari harinya maka kita harus mencari ilmu dari rujukan2 dari orang yang mengetahuinya (ulama). Tafsir Qur'an, hadist yg shahih merupakan sumber sempurna untuk memahami apa yg beliau lakukan.
Masuk surga memang mudah tapi jangan sampai kita menggampangkannya, masuk surga juga memang sulit tapi jangan pernah menyerah untuk meraihnya. Allah lewat Rasulullah Sallallahualaihi wassalam telah mencontohkannya, tergantung kita mau mencari dan mengamalkannya atau tidak. Tidak semua contoh dari Rasulullah kita bisa lakukan namun kita bisa berusaha untuk maksimal melakukan apa yang kita mampu. Amalan yang disukai Allah adalah amalan yang sedikit tapi konsisten.
Di dalam dunia nyata untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari pasangan biasanya kita melakukan apa yang diinginkannya dan menjauhi apa yang dia tidak suka.
Di dunia kerja untuk mendapatkan promosi dari atasan kita biasanya nurut terhadap perintahnya dan tidak melakukan apa yang tidak disukainya, lalu apakah analogi ini berlaku juga dengan hubungan kita dengan Sang Maha Pencipta??

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku