23 February, 2018

Status Facebook Pertama bulan ini




Screenshoot dulu deh, abis ini langsung saya hapus aja daripada menuai kontra yang lebih banyak. Saya menghindari perdebatan ajah.
Ini adalah pembelajaran saya sebagai mpunya akun sosmed, tidak setiap status yang kita buat pasti diterima semua orang. Ada saja yang tidak setuju ataupun mempertanyakan.
Yah wajar dan maklum karena setiap manusia berbeda, kesehariannya beda, lingkungan berbeda.
Seperti status ini, saya hanya copas dan bermaksud menyebarkan yg ustadz Syafiq dan beberapa ustadz bilang di ceramahnya. Dan seperti yang beliau bilang dulu Imam Ahmad Bin Hambal dipenjara karena tidak mau mengikuti khalifahnya yang zhalim, dan beliau diajak untuk memberontak oleh pengikutnya dan beliau menolak dan menasehati untuk ridho dengan apa yang pemimpinnya lakukan. Bayangkan khalifahnya zhalim dan dia disuruh melawan tetapi tidak mau.
Yah meme meme di sosmed yang tersebar saat ini, demonstrasi dalam bentuk apapun untuk mengkritik pemerintah saya anggap sebagai sikap yang kurang baik.
Kita beruntung masih bisa sholat, puasa, zakat, haji dengan tenang tanpa ada larangan sama sekali.
Terus kenapa pake kritik segala?
Memang banyak permasalahan bangsa kita saat ini, di papua, jawa, kalimantan, sumatera, sulawesi, bali, nusa tenggara yang muncul tetapi itu Qodarullah, dan itu adalah ladang setiap insan bangsa untuk beramal sholeh, berdoa dan membantu saudara2 kita.
Setiap manusia akan ditanyakan mengenai setiap detik yang dia lakukan. Dan pak Presiden juga pasti akan mendapatkan perlakuan yang sama di hari penghisaban nanti. So kenapa kita pusing? Pikirkan saja apa yang akan kita jawab dari pertanyaan malaikat2 di kubur nanti, pikirkan saja timbangan amal diri kita yang sangat jauh dari kata AMAN.
Inalillahi wa inna ilaihi roji'un

19 February, 2018

Jangan Nonton Bioskop

Saya ambil beberapa pelajaran dari beberaoa ustadz yang sudah membahas tentang ini, dan ini adalah murni nasehat buat saya pribadi dan keluarga saya bukan untuk orang lain
Jangan pernah menonton ataupun mengajak keluarga untuk nonton film baik di TV apalagi di bioskop disebabkan :
1. Cerita bohong yang dibawakan sutradara dan pemainnya
2. Kalaupun ceritanya berdasarkan true story, Pemain senantiasa mempertotonkan maksiat seperti bercampur baur antara lelaki dan perempuan, bersentuhan bahkan melakukan hubungan pasutri padahal non mahram
3. Kalopun pemainnya adalah pasangan halal Senantiasa diiringi musik yang padahal musik diharamkan oleh Allah
4. Kalaupun musik tidak diberikan ke film bukankah pemain wanita/pria nya adalah non mahram bagi kita para penontonnya?
5. Kalopun para pemainnya memakai hijab bukankah di tempat menonton nya kita bercampur baur dengan non mahram?
6. Kalaupun kita menonton DVD di rumah bersama keluarga kita bukankah ada kegiatan yang lebih bermanfaat bagi kita dan keluarga kita untuk akherat kita?
7. Kalaupun yang ditonton adalah hal yang bermanfaat, bukankah kisah Sirah Nabawiyyah, kisah Nabi Nabi utusan Allah, kisah para sahabat, tabiin, tabiut tabiin, kisah para Imam 4 mazhab, kisah murid2 para Imam mazhab, kisah panglima panglima perang nan gagah berani kita, penaklukan konstantinopel, penaklukan romawi dan persia akan lebih menggetarkan jiwa kita, dan lebih mendekatkan kita dengan akherat kita?
8. Kalaupun kita masih mau menonton yah mau apalagi ini cuma nasehat..hehe..bukan fatwa apalagi sunnah

14 February, 2018

Singapore (lagi)

Entah yang keempat atau yang kelima, lagi2 saya mengunjungi Singapura lagi. Sebenernya negara ini memang bagus rapih teratur dan bersih, namun kali ini saya benar2 tidak menikmati berada disini. Di USS saya hanya tidur siang di mushola dan sedikit belanja oleh2 buat anak2. Di city tour saya hanya menikmati berkendara di LRT dan MRT yang begitu kencang dan tepat waktu. Di mall saya hanya sekedar makan siang dan malam saja. Di pagi hari satu2nya saya bisa menikmati lari pagi disini yang jauh dari kendaraan bermotor dan klakson yang memekakkan telinga
Selebihnya Singapore ya singapore, negara maju dengan tingkat laju ekonomi yang tinggi yang berdiri di atas bank bank ribawi dan pasar saham ribawi. Disini tanpa uang anda tidak akan bisa kemana mana dan tidak bisa makan.
Di Indonesia anda hanya cukup punya sebidang tanah saja yang jauh dari kota besar maka anda bisa berternak ikan, ayam, kambing, sapi dan kuda. Atau jadikan saja tanah anda surga utk sayur2an dan buah2an maka insya Allah anda bisa mencukupi diri sendiri keluarga dan bersedekah dengan hasil bumi ternak anda.

01 February, 2018

Menjadi Asing Itu Luar Biasa

Asing, artinya berbeda daripada yang lain
Menjadi asing di jaman ini sulit untuk dilakukan
Awalnya menjadi asing itu bukan karena keinginan diri sendiri
Tetapi lama kelamaan setelah belajar dan terus berusaha memahami agama ini
menjadi asing itu dengan sendirinya terkondisikan

Awalnya saya nggak sadar karena gak terlalu banyak intens bergaul dengan temen2 yang lain
Namun trip kemarin dan beberapa hari ini yang mengharuskan saya intens bergaul dengan teman2 sekantor saya tersadarkan bahwa saya telah menjadi asing dengan sendirinya. Awalnya saya takut dengan keanehan yg saya bilang aneh memang. Namun lama kelamaan saya bersikap acuh saja. Toh saya dan mereka manusia yang berbeda karakter. Saya sangat ingin mampu memahami karakter mereka tentunya mereka juga pasti mampu memahami perbedaan saya.

Namun karena disini bully membully itu hal biasa saya jadi takut sendiri dengan keberbedaan saya, namun seorang ustadz bilang tidak penting apa yang orang anggap tentang anda, yang penting apakah Allah menganggap anda sebagai hambanya yg lurus arau tidak.

Abdullah bin Abbas pernah diberikan wejangan oleh Rasulullah sallallahi alaihi wassalam kurang lebih isinya "Dari Abu Al ‘Abbas, ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata : Pada suatu hari saya pernah berada di belakang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda : “Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat : Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjaga kamu. Jagalah Allah, niscaya kamu akan mendapati Dia di hadapanmu. Jika kamu minta, mintalah kepada Allah. Jika kamu minta tolong, mintalah tolong juga kepada Allah. Ketahuilah, sekiranya semua umat berkumpul untuk memberikan kepadamu sesuatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang sudah Allah tetapkan untuk dirimu. Sekiranya mereka pun berkumpul untuk melakukan sesuatu yang membahayakan kamu, niscaya tidak akan membahayakan kamu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Segenap pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. Tirmidzi, ia telah berkata : Hadits ini hasan, pada lafazh lain hasan shahih. Dalam riwayat selain Tirmidzi : “Hendaklah kamu selalu mengingat Allah, pasti kamu mendapati-Nya di hadapanmu. Hendaklah kamu mengingat Allah di waktu lapang (senang), niscaya Allah akan mengingat kamu di waktu sempit (susah). Ketahuilah bahwa apa yang semestinya tidak menimpa kamu, tidak akan menimpamu, dan apa yang semestinya menimpamu tidak akan terhindar darimu. Ketahuilah sesungguhnya kemenangan menyertai kesabaran dan sesungguhnya kesenangan menyertai kesusahan dan kesulitan”)

[Tirmidzi no. 2516]

30 January, 2018

Vietnam Antara Asia Tenggara dan Asia Timur

Cerita ini rangkuman pengalaman sebulan terakhir aja, gak ada alur ceritanya...cuma coret2an pengalaman supaya suatu saat bisa kembali mengingat kejadian2 apa yang terjadi di masa ini.

Kemarin 3 hari aku ke Vietnam bersama temen2 kantor
sebenernya ada rasa ragu apakah aku akan ikut atau nggak dengan trrip ini, karena di dalam pikiranku sudah kemasukan nasehat2 dari para ustadz bahwa sbenernya jalan2 kita menuju tempat lain sebisa mungkin ke tempat2 yang ibadah kita tidak terganggu. Nah Vietnam ini adalah negara sosialis dan umat muslim minoritas disana, sehingga aku pastikan disana pasti kekurangan lokasi masjid untuk bisa sholat berjamaah dan berzikir, terutama di subuh hari.. Hmmm namun aku juga mengingat bahwa ada suatu ayat dalam Al Qur'an yang membolehkan kita berjalan di muka bumi ini untuk mengagumi dan tadabbur ciptaan Allah. Aku takut ini hanya pembenaran di hatiku, namun pada akhirnya aku tetap berangkat. Aku mohon ampun pada Allah jikalau pernyataan ini adalah sekedar pembenaran dariku...Astaghfirullah

Di Vietnam agak susah cari makanan yang halal, meskipun tour guide sudah menyatakan bahwa makanan itu halal, namun masih agak ragu karena yang mengatakan juga belum tahu apa itu halal menurut Islam dan apa itu halal menurut mereka, toh mungkin mereka hanya tahu halal karena bahannya belum dari cara masak dan cara menyembelihnya. Alhasil aku hanya makan seafood yang direbus aja disana, untuk meyakinkan diriku bahwa yang kumakan halalan thoyibban, semoga Allah menjaga kami dan keluarga kami dari makanan yang syubat apalagi haram. 

Secara umum orang Vietnam lebih mirip dengan asia timur daripada asia tenggara, namun secara wilayah memang lebih masuk ke kawasan asia tenggara. Orang Vietnam menyenangkan, mereka ramah dan murah senyum. Mereka sedang getol2nya membangun dan mengejar ketertinggalan dari negara tetangga mereka. di sekitaran Halong Bay hampir setiap meter tanah sedang giat2nya mengadakan pembangunan, pelabuhan yang rapih, resort dan hotel yang mewah, jalan2 dan jembatan yang panjang dan lebar, pusat hiburan, pusat permainan dan lainnya. Musim di Vietnam dibagi menjadi 2 wilayah, Vietnam Utara 4 musim, Vietnam Selatan 2 musim. Januari ini di Vietnam musim dingin dan beberapa wilayah turun salju, suhu mencapai - 4 derajat celcius, tetapi di bulan juli agustus suhu di vietnam bisa mencapai 40 derajat celcius. Sebuah perbedaan suhu yang sunggu besar. Di Vietnam kami berjalan2 ke Halong Bay yang merupakan lokasi shooting film KingKong (saya baru tahu ada film judul ini..hehe). Halong Bay terletak di Laut China Selatan, jumlah pulau2 kecilnya mencapai 1700an pulau. Karena banyaknya pulau2 kecil yang terbuat dari bebatuan kapur laut di sekitaran Halong Bay ini memiliki ombak yang tenang dan merupakan perairan dalam. Secara pemandangan memang indah sekali, saya terkagum dengan ciptaan Allah yang Maha Menciptakan. Gua2 bekas perang Vietnam dengan Amerika juga ada di salah satu pulau Halong Bay. Saya membayangkan kalau pulau2 ini ada di Indonesia mungkin sudah banyak anak2 pulau yang sedang berenang atau mengayuh sampannya untuk mencari ikan laut..hehe, namun di Vietnam perairan ini dijaga dengan ketat, turis disarankan untuk tetap berada di kabin kapal untuk menghindari CCTV yang terpasang dimana2 terutama di pelabuhan. Karena jikalau terlihat oleh kepolisian Vietnam maka izin melaut dari kapal akan dibekukan selama beberapa tahun. Dan luarbiasanya mereka mematuhinya, dan saya menghayal lagi kalau ini diberlakukan di Indonesia mungkin... mmmm....akan ditaati kalo ada polisi yang patroli, kalo gak ada ya..... 
Vietnam memiliki penduduk yang sedikit dibanding luas wilayahnya, karena disana diberlakukan denda bagi pasangan yang memiliki anak lebih dari 2, anak ke 3 didenda 10 juta dong, anak ke 4 didenda 20 juta dong. dan bahkan jika ada suami yang memiliki istri lebih dari satu akan didenda juga...hmmmm... menurut tour guide kami akan ada surplus wanita tanpa suami sebanyak 6 juta orang disana. Saya langsung teringat negara Indonesia yang begitu membahagiakan penduduknya, tidak ada denda, tidak ada aturan yang tidak manusiawi dan banyak masjid...Alhamdulillah
Mungkin itu sedikit cerita dari Vietnam, mantan negara komunis dengan presiden pertama Ho Chi Minh yg dipanggil paman Ho oleh rakyatnya, pemenang perang dengan USA, finalis piala Asia U23 setelah kalah oleh Uzbekistan di final yang diadakan di China tahun 2018 ini, dan finalis piala asia U19 setelah dilkalahkan Indonesia di final..hehe..Btw 1 rupiah = 1.6 dong, jadi harga2 di Vietnam masih tergolong masuk kantong rata2 orang2 Indonesia.

22 October, 2017

Musik Itu Salah

Semakin belajar ilmu agama semakin saya sadar banyak sekali kesalahan yang telah saya buat
Contohnya musik, banyak sekali lini kehidupan kita yang dihiasi dengan musik. Mulai dari tayangan TV yang menyisipkan dan bahkan menjadikan musik sebagai konten utama. Mall yang selalu mempertunjukkan show dengan musik dan menjadikan musik sebagai pemanis mall yang diputar berulang-ulang. Iklan di Youtube dan media lain selalu memakai musik sebagai pengiring tayangannya. Astaghfirullah bahkan perusahaan selalu memakai pertunjukkan musik untuk menggarap konsumennya. Naudzubillah, dan pertunjukkan musik dimulai dengan Bismillah..Salah Kaprah
Astaghfirullah

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku