28 May, 2009

Azulgrana VS Setan Merah


Pertandingan berakhir 2-0 utk Barca setelah gol Eto'o di menit 10 dan Messi di menit 70. Barcelona meraih treble pertamanya. Banyak data,fakta dan keunikan di pertandingan ini. Di sisi Barca adalah klub dengan permainan paling indah musim ini, dikombinasi dengan produktifitas mereka. Tiga penyerang barca menghasilkan 98 gol di semua ajang musim ini. MU adalah tim yang konsisten dan memiliki lini pertahanan yang tangguh. Duel kedua tim ini adalah pertarungan dua kandidat pemain terbaik dunia musim lalu dan musim ini, C.Ronaldo dan L.Messi. Musim lalu CR7 menang, dan musim ini belum ditentukan.

Menganalisa permainan tadi malam memang tidak butuh pengamat sepakbola yang ahli, karena secara kasat mata saja Barca jauh menungguli permainan MU. Pergerakan tiap lini barca mengalir seperti air dan mengumpul menjadi air bah ketika sampai di depan gawang MU, sebaliknya MU bermain tidak dalam permainan asli. MU seperti khawatir menghadapi permainan ini. Rooney ditempatkan lebih ke kiri beda dari posisi aslinya, Ronaldo terlalu diharapkan dengan menjadi penyerang tengah, di kanan park ji sung dipasang yang padahal masih ada berbatov,tevez dan paul scholes yang lebih konsisten permainannya. Di lini belakang MU memaksakan o'shea yang padahal baru menunjukkan permainan terbaiknya di semifinal. Intinya MU tidak dalam formasi terbaik. Messi yang tadinya ditempatkan di kanan seperti mengalir permainannya, sering rotasi dengan Henry dan Eto'o dan kadang mempersilahkan puyol mengisi sayap lalu kadang menjadi play maker permainan di tengah, jelas pertukaran posisi ini membingungkan pertahanan barca. Sebaliknya Ronaldo hanya terpaku terhadap posisi awalnya yaitu penyerang tengah dan sangat jarang sekali membantu ke tengah yaitu posisi aslinya.

Permainan barca tadi malam mengikuti intuisi para pemainnya, dan sebaliknya MU menampilkan permainan teoritis dan strategis. Xavi dan Iniesta seperti menjadi dirijen mengatur ritme dan pergerakan keseluruhan pemain barca, Messi dan Eto'o menjadi eksekutor serangan sedangkan Henry menjadi perusak konsentrasi lini pertahanan MU. Di sisi MU, praktis yang banyak bermain dan mendapatkan bola adalah CR7 dan Rooney saja selain Van Der Saar tentunya yang digempur habis2an gawangnya.

Selamat datang barcelona di tangga juara, selamat messi menjadi top skorer,selamat pep mengalahkan pelatih senior seperti sir Alex, dan buat MU kekalahan menjadi pelajaran yang sangat berharga utk musim yang akan datang.

1 comment:

  1. satu-satunya pemain muslim di Barca yaitu Yaya Toure menyebutkan bahwa trophy Liga Champions untuk umat muslim di seluruh dunia...subhanallah...

    Yaya Toure aslinya pemain gelandang bertahan hanya saja pada laga final tersebut beliau bermain sebagai bek tengah mendampingi Gerard Pique

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku