29 May, 2009

Yaya Toure: Trofi Untuk Muslim seDunia


























Ada sebuah artikel menarik di Headline Republika hari ini...Trofi Untuk Muslim sedunia...
Dipersembahkan dari satu-satunya pemain muslim di Barcelona Yaya Toure. Subhanallah..
Kira-kira artikelnya berbunyi seperti ini :

— ‘’Saya dedikasikan trofi Li - ga Champions ini untuk Muslim di seluruh dunia,’‘ ujar Yaya Toure seperti di kutip sejumlah situs di Italia dan Spanyol.
‘’Saya tahu umat Islam selalu mendoakan saya,’‘ lanjutnya.
Yaya Toure bermain luar biasa di lini be lakang Barcelona. Ia menetralisasi semua serangan ‘’Setan Merah’‘, dan sesekali naik ke lapangan tengah untuk meng alirkan bola ke Andres Iniesta dan Xavi.
Barcelona menang dua gol tanpa balas atas Manchester United (MU) dalam laga final Liga Champions di Roma, Italia, Rabu (27/5). Samuel Eto’o membuka skor di menit ke-10. Lionel Messi menggandakan keunggulan di menit ke-70.
Toure tidak mencetak gol, karena pe latih Pep Guardiola menginstruksikannya tidak terlalu sering melewati garis tengah. Ia tidak bermain sebagai gelandang bertahan, tapi di posisi center back bersama Gerard Pique.
Keduanya bermain efektif dan menggagalkan 11 serangan MU. Guardiola menem patkan Toure di posisi ini karena absen nya Eric Abidal, Daniel Alves, dan Marquez. Guardiola tak punya banyak opsi, dan ragu menurunkan Martin Caceres.
‘’Musim ini kami memenangkan tiga trofi,’‘ ujar Toure, pemain kelahiran Pan tai Gading. ‘’Kami mencetak sejarah, ka rena belum ada klub Spanyol yang meraih tiga gelar dalam semusim.’‘ Menjawab pertanyaan wartawan apa kah dia merasa nyaman dengan perannya di lini belakang, Toure mengatakan, ‘’Jika boleh memilih, saya tidak ingin bermain di posisi ini seterusnya.’‘ Trofi Liga Champions ini yang kali ke tiga bagi Barcelona. Klub berjuluk La Blaugrana ini sebelumnya meraih gelar serupa pada 1992 dan 2006. Sedangkan Guardiola tercatat sebagai pelatih ketiga yang meraih gelar ini.
Guardiola berusia 38 tahun 129 hari ke tika menerima trofi itu. Pelatih termuda sebelumnya adalah Miguel Munoz, yang berusia 38 tahun 121 hari ketika membawa Real Madrid memenangkan Piala Champions 1960.
Pelatih termuda pertama adalah Jose Villalonga, yang memberi gelar Piala Eropa 1956 pada usia 36 tahun 185 hari.
MU gagal mencetak sejarah sebagai klub pertama yang mempertahankan ge lar juara Liga Champions sejak 1993. AC Milan menjadi klub terakhir kali yang mampu mempertahankan gelar juara ketika kompetisi masih bernama Piala Champions. Milan menjuarai Piala Cham pions Eropa 1989 dan 1990.
Sir Alex Ferguson, pelatih MU, gagal menyamai rekor Bob Paisley sebagai pelatih yang pernah menjuarai empat Piala Eropa. ■ reuters/ap/dip

No comments:

Post a Comment

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku