30 March, 2010

Melawan Musuh Terbesar Manusia Sepanjang Masa

...Sesaat setelah perang Badar Rasulullah SAW bersabda dengan sabdanya yang sangat masyhur itu, terutama dikala sebelum bulan Ramadhan. Pasti banyak yang menghadirkan hadist ini ke tengah - tengah kita yang kurang lebih bunyinya : 


" Kita baru kembali dari satu peperangan yang kecil untuk memasuki peperangan yang lebih besar...’, yang membuat para Sahabat terkejut dan bertanya, "Peperangan apakah itu wahai Rasulullah ? " Baginda Rasulullah berkata, "Peperangan melawan hawa nafsu." 
(Riwayat Al Baihaqi)

Mudah-mudahan hadist di atas bener redaksinya...wallahua'lam bishawab... Apa yang dikatakan Rasulullah SAW itu bukan omong kosong belaka, melainkan sebuah peringatan dahsyat yang ditujukan untuk seluruh manusia di dunia. Musuh terbesar kita bukan Amerika, bukan pula Israel, ataupun teroris - teroris yang berkedok agama. Musuh terbesar kita sepanjang masa adalah hawa nafsu kita sendiri (disamping syetan tentunya). Namun syetan juga menggoda kita lewat hawa nafsu kita juga khan?... Jadi memang yang terbesar adalah hawa nafsu kita sendiri.

Korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, perang, penipuan, penggelapan, penyelundupan, dan jenis-jenis kriminal lain disebabkan apa?....jawabannya adalah...pemenuhan kebutuhan perut dan pemenuhan kebutuhan kepuasan biologis yang keduanya terangkum ke dalam dua buah kata yaitu HAWA NAFSU. 

Benar apa yang dikatakan pepatah, 

"orang yang paling kuat adalah orang yang paling bisa mengendalikan hawa nafsunya"

Mudah-mudahan saya dan kita semua termasuk salah satu orang yang kuat...Amin...

39 comments:

  1. pertama, .......terimakasih sahabat

    ReplyDelete
  2. waduw,warna hurup yang bagian bawah koq buram ya gan ?

    ReplyDelete
  3. tulisannya ga kebaca.. coba warna huruf di ganti atau coba ganti themenya :)

    ReplyDelete
  4. Korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, perang, penipuan, penggelapan, penyelundupan, dan jenis-jenis kriminal lain disebabkan apa?....jawabannya adalah...pemenuhan kebutuhan perut dan pemenuhan kebutuhan kepuasan biologis yang keduanya terangkum ke dalam dua buah kata yaitu HAWA NAFSU.

    hehe kok ngeri semua kang...

    sip2 pelajaran yang baik

    ReplyDelete
  5. oh iya ya...dah kuganti warna tulisannya sobat sobatku...heehe..maap ada kesalahan teknis tadi..hehehe

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas pencerahannya...

    ReplyDelete
  7. mudah2an kita sLaLu tRmaSuk org2 yg mampu meLawan hawa nafsu sebagai manusia manusia...

    ReplyDelete
  8. kl musuh besar gw adalah ketombe, kutu rambut n tukang cukur bung...

    ReplyDelete
  9. kalo aku nafsu makan tuh kak susah banget ditahan

    heheheheee

    ReplyDelete
  10. Yaq, musuh terbesar yang bersemayam di jiwa adalah hawa nafsu kita sendiri. Selamat sore sobat.

    ReplyDelete
  11. Kunjungan sore sob..,artikelx penuh makna dan pengingat buat semua sahabat..salam

    ReplyDelete
  12. setujuuu....!!!! yg bis ngerem hawa nafsu ya cuma keimanan ^^

    ReplyDelete
  13. Setuju, musuh utama kiuta adalah hawa nafus yang bersemayam dalam jiwa kita....

    ReplyDelete
  14. yups setuju, moga menang hingga akhir...

    ReplyDelete
  15. mampir menjelang subuh bosss

    ReplyDelete
  16. memang nafsu adalah musuh terbesar mas

    ReplyDelete
  17. nafsu membantai pemilik 25 miliar
    hhehehe...
    tadi malam dah ditangkap di singapura

    ReplyDelete
  18. Setuju Om...
    Musuh terbesar Manusia Adalah Hawa Nafsu...

    ReplyDelete
  19. setujaa. sekali...hawa nafsu kekuatannya memang sangatlah dahsyat...

    ReplyDelete
  20. hawa nafsu memang sangat sulit di kendalikan, semoga saja hawa nafsu bisa kita tundukkan

    ReplyDelete
  21. hawa nafsu musuh paling sulit bagi manusia

    ReplyDelete
  22. makasih ya mampir ke blog bunda ya...

    ReplyDelete
  23. semoga saya termasuk orang yang terkuat
    dan bisa mengalahkan hawa nafsuuu


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    ReplyDelete
  24. semoga saya termasuk orang yang terkuat
    dan bisa mengalahkan hawa nafsuuu


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    ReplyDelete
  25. iya bener banget hawa nafzu adalh musuh terbesar dan terberat buat manusia

    blogwalking

    ReplyDelete
  26. ssemoga kita semua sanggup melawan hawa nafsu..
    aminnn..

    ReplyDelete
  27. kalau saya pernah baca di kitab hadist2 shahih . hadist tersebut pernah di dhoifkan ...!

    ReplyDelete
  28. hawa nafsu memang merupakan musuh terbesar manusia, karena hawa nafsu itu tidak berbentuk, tapi malah menyatu dengan diri manusia tersebut.

    ReplyDelete
  29. amin, semoga kita termasuk orang-orang kuat itu :)

    ReplyDelete
  30. amin, semoga kita termasuk orang-orang kuat itu :)

    ReplyDelete
  31. semoga kita semua termasuk orang yg bisa menahan hawa nafsu...amin

    ReplyDelete
  32. met malem bli
    met malem semuanyaaaa

    ReplyDelete
  33. memang ga mudah melawan nafsu...dan semoga kita tergolong org yg bisa mengendalikan hawa nafsu

    ReplyDelete
  34. amiiiin :) bener banget, hadist Nabi Muhammad SAW pasti ada hikmahnya

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku