18 August, 2010

Sudahkah Kita Berwudhu Dengan Benar?....

Cara Wudhu yang sesuai tuntunan Rasulullah SAW...

Pertama buka keran secukupnya, tidak perlu besar - besar...Lalu Ucapkan Bismillah...(hanya Bismillah tanpa Bismillahirrahmanirrahim)
1. Alirkan air ke kedua pergelangan tangan dimulai dari yang kanan lalu kiri sebanyak 3 kali

2. Tampung air dengan tangan kanan lalu masukkan air ke dalam mulut, dan sisanya dimasukkan ke dalam hidung dengan tangan yang sama. Jadi satu gerakan menghasilkan dua bagian yang teralirkan air yaitu mulut dan hidung.Air yang di dalam mulut dikumur - kumur dan sisa - sisa air yang dimasukkan di hidung tadi dihirup untuk membersihkan isi hidung lalu dibuang dengan menggunakan tangan kiri seperti membuang hingus. Lalukan gerakan mulut dan hidung ini 3 kali

3. Tampung air dengan kedua tangan lalu alirkan ke wajah mulai dari mulainya tumbuh rambut di kepala bagian belakang sampai ke janggut dan mulai dari pangkal telinga yang kiri ke pangkal telinga yang kanan. Lalu diulangi sampai 3 kali...

4. Alirkan air ke tangan sampai ke siku....di mulai dari yang kanan lalu kiri sebanyak 3 kali. Kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak mengalirkan air sampai ke ujung siku..

5. Tampung air di kedua tangan, lalu percikkan ke bawah lalu kedua tangan yang sudah dipercikkan tadi diusapkan mulai dari tumbuhnya rambut bagian depan terus ke belakang sampai tengkuk, jangan dilepas kembalikan lagi ke depan. Begitu sampai di depan telunjuk kanan dan kiri masukkan ke bagian dalam telinga dan ibu jari kanan dan kiri diusapkan ke daun teliga bagian luar. Gerakan ini hanya dilakukan 1 kali. Kesalahan yang sering terjadi adalah kita hanya memercik2an air ke dahi kita tanpa sampai ke ubun ubun dan tengkuk. Lalu gerakan membasuh telinga juga dilakukan terpisah dengan membasuh kepala. Cara ini tidak benar karena tidak sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Yang benar adalah sebagaimana dituliskan tadi mengusap kepala dan membasuh telinga dijadikan satu gerakan.

6. Alirkan air ke kaki kanan terlebih dahulu sambil memasukkan jari kelingking ke selah - selah jari kaki, diulangi sebanyak 3 kali. Lalu lakukan hal yang sama kepada kaki yang kiri....

7. Berdoa setelah wudhu...Asyha du alla ilahailallah wahdahula syarikaala...Wasyhaduanna Muhammadun abduhu warasulluh...Allahumaj'alni minatauwabina waj'alni minam mutathohirin...

Selesailah wudhu kita dan siap untuk sholat..

Jangan pernah remehkan wudhu, karna wudhu adalah kunci dari Sholat...seperti sabda Rasulullah SAW :

"Kunci Sholat adalah bersuci (wudhu), pengharamannya adalah takbir (takbiratul ihram) dan penghalalannya adalah salam (Hadits Shahih)..."

Jangan pernah menambahkan ataupun mengurangi gerakan wudhu sedikitpun, karena dengan menambahkan ataupun menguranginya maka itu akan tertolak di hadapan Allah SWT...

Selamat Berwudhu ya...

Sumber : Kajian Rutin Ramadhan

16 comments:

  1. terima kasih sudah mengingatkan ^^

    semoga ibadah kita selalu diterima ALLAH (amin)

    ReplyDelete
  2. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    ReplyDelete
  3. terima kasih sekali artikelnya.
    memang ada beberapa bagian yang beda dengan yang diajarkan guru yg telah aku terima.
    ampuni kesalahanku ya Allah...

    ReplyDelete
  4. wah, makasih banyak kang tariq informasinya

    ReplyDelete
  5. Om... wudlu pasti bikin seger yaa

    ReplyDelete
  6. assalamualaikumm
    silaturahmi sambil intropeksi wudlu...

    ReplyDelete
  7. hehe jd inget wkt pelajaran agama smp praktekny mengkoreksi wudhu dan gerakan shalat..^^

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, tipsnya sama dgn yg aq lakukan selama ini. Djadjakallah khairan katsira :)

    ReplyDelete
  9. Thanks yah Mas infonya. Wah, selama ini gw kalo pas bagian rambut cuma dahi ajah, ga ke ubun2 dan tenguk. Alhamdulillah sekarang jadi tau deh cara yang benarnya :-)

    Met puasa Mas Reza. Salam untuk istrinya

    ReplyDelete
  10. wuih thanks bangets infonya..nambah pengetahuan ... pahala jalan terus....

    ReplyDelete
  11. Wah, selama ini gw kalo pas bagian rambut cuma dahi ajah, ga ke ubun2 dan tenguk. Alhamdulillah sekarang jadi tau deh cara yang benarnya...

    ReplyDelete
  12. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku