05 December, 2010

Falsafah dan Pedoman Hidup Orang Lampung

Sebagai orang yang lahir di Lampung sangat sedikit sekali saya kenal dengan budaya Lampung. Ini aja taunya setelah membaca twitnya akh Salim Fillah..hehe, jadi aupaya saya ingat terus ya saya copas aja ke blog saya....

5 Falsafah Hidup orang Lampung: 

1) Pi'il pesenggiri: Miliki harga diri, tegakkan kehormatan, malulah melakukan hal yang hina dalam pandangan agama dan adat.

2) Sakai sambaian: bekerjasama, bergotongroyong, tolong menolong, bahu membahu, saling memberi nan dihajatkan sesama.

3) Nemui nyimah: silaturrahim, murah hati, ramah tamah terhadap semua pihak, dari dalam kelompoknya maupun orang asing nan tetamu.

4) Nengah nyappur: pro-aktif dalam pergaulan, ambil peran di tengah masyarakat, jauhi individualisme.

5) Bejuluk baedek: Selalulah bertindak selaras dengan yang disandang; bukan hanya soal boleh-tak boleh, tapi jua pantas-tak pantas.

7 Pedoman Hidup orang Lampung : 

1) mak nyerai ki mak karai, mak nyedor ki mak bador: beranilah hadapi tantangan.

2) ratong banjir mak kisir, ratong barak mak kirak: teguhlah dalam pendirian.

3) asal mak lesa tilah ya pegai, asal mak jera tilah ya kelai: tekunlah dalam meraih cita-cita.

4) pak huma pak sapu, pak jelma pak semapu, sepuluh pandai sebelas ngulih-ulih, sepuluh tawai sebelas milih-pilih: fahami prbedaan

5) wat andah wat padah, repa ulah riya ulih: fahami bahwa hasil sebanding dengan ikhtiyar.

6) dang langkang dang nyapang, mari pekon mak ranggang, dang pungah dang lucah, mari pekon mak belah: Utamakan persatuan&kekompakan

7) wayni dang robok, iwani dapok: sungai tak keruh ikannya dapat, bijaksanalah atasi masalah.

9 comments:

  1. Wah keren, luarbiasa.. mohon izin copas..

    ReplyDelete
  2. wah, banyakkang pelajaran berharga... intinya untuk hidup lebih baik, jangan lupakan kearifan lokal yang tumbuh berkembang di sekiar kita...

    ReplyDelete
  3. Baru tau kalo Mas Reza itu orang Lampung :-)

    Btw ada kiriman duren dari Zahia buat Uncle Reza. Tolong ambil langsung di blog Zahia yah. Moga2 suka. Thanks :-)

    ReplyDelete
  4. Mantap deh... oya, tmn sekantor aku jg ada tuh yg berasal dari lampung,

    ReplyDelete
  5. Kearifan lokal nih... thx, share yang mantaps bos! :-D

    ReplyDelete
  6. keren nih artikelnya.. siph... siph... lanjutkan

    ReplyDelete
  7. siiip
    jangan lupakan falsafah tanah kelahiran :)

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku