17 November, 2011

Pergeseran Kekuatan Sea Games 2011

Ada fenomena pergeseran kekuatan di kawasan ASEAN sekarang, baik secara umum maupun yang lebih spesifik seperti sepakbola.

Vietnam yang sering di  peringkat 3 perburuan juara umum SEA GAMES di bawah Indonesia dan Thailand, sekarang melonjak ke urutan 2 mengalahkan Thailand, walopun masih bersifat sementara namun perlu diwaspadai juga.

Begitu juga di sepakbola, Thailand yang biasanya mendominasi namun dalam dua perhelatan terakhir SEA GAMES (2007 & 2009) mereka tak mampu lolos dari fase grup.

Cabang renang juga menunjukkan pergeseran kekuatan, biasanya Thailand yang menguasai namun sekarang SIngapura mulai menyodok olahraga air ini.

Kalau di atletik, Indonesia masih jadi yang terbaik di daratan ASEAN, namun di peringkat dua dan tiga Thailand tidak lagi mendominasi medali perak.

Seperti mengikuti tren dunia saat ini, ketika Spanyol berhasil menjadi juara dunia pertama kali.

Entah kenapa Thailand yang saat ini menurun kekuatannya atau negara lain yang menunjukkan perkembangan yang pesat. Memang kondisi negara Thailand saat ini sedang tidak kondusif karena persoalan politik yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi seluruh rakyat negaranya termasuk atlitnya.

No comments:

Post a Comment

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku