30 January, 2018

Vietnam Antara Asia Tenggara dan Asia Timur

Cerita ini rangkuman pengalaman sebulan terakhir aja, gak ada alur ceritanya...cuma coret2an pengalaman supaya suatu saat bisa kembali mengingat kejadian2 apa yang terjadi di masa ini.

Kemarin 3 hari aku ke Vietnam bersama temen2 kantor
sebenernya ada rasa ragu apakah aku akan ikut atau nggak dengan trrip ini, karena di dalam pikiranku sudah kemasukan nasehat2 dari para ustadz bahwa sbenernya jalan2 kita menuju tempat lain sebisa mungkin ke tempat2 yang ibadah kita tidak terganggu. Nah Vietnam ini adalah negara sosialis dan umat muslim minoritas disana, sehingga aku pastikan disana pasti kekurangan lokasi masjid untuk bisa sholat berjamaah dan berzikir, terutama di subuh hari.. Hmmm namun aku juga mengingat bahwa ada suatu ayat dalam Al Qur'an yang membolehkan kita berjalan di muka bumi ini untuk mengagumi dan tadabbur ciptaan Allah. Aku takut ini hanya pembenaran di hatiku, namun pada akhirnya aku tetap berangkat. Aku mohon ampun pada Allah jikalau pernyataan ini adalah sekedar pembenaran dariku...Astaghfirullah

Di Vietnam agak susah cari makanan yang halal, meskipun tour guide sudah menyatakan bahwa makanan itu halal, namun masih agak ragu karena yang mengatakan juga belum tahu apa itu halal menurut Islam dan apa itu halal menurut mereka, toh mungkin mereka hanya tahu halal karena bahannya belum dari cara masak dan cara menyembelihnya. Alhasil aku hanya makan seafood yang direbus aja disana, untuk meyakinkan diriku bahwa yang kumakan halalan thoyibban, semoga Allah menjaga kami dan keluarga kami dari makanan yang syubat apalagi haram. 

Secara umum orang Vietnam lebih mirip dengan asia timur daripada asia tenggara, namun secara wilayah memang lebih masuk ke kawasan asia tenggara. Orang Vietnam menyenangkan, mereka ramah dan murah senyum. Mereka sedang getol2nya membangun dan mengejar ketertinggalan dari negara tetangga mereka. di sekitaran Halong Bay hampir setiap meter tanah sedang giat2nya mengadakan pembangunan, pelabuhan yang rapih, resort dan hotel yang mewah, jalan2 dan jembatan yang panjang dan lebar, pusat hiburan, pusat permainan dan lainnya. Musim di Vietnam dibagi menjadi 2 wilayah, Vietnam Utara 4 musim, Vietnam Selatan 2 musim. Januari ini di Vietnam musim dingin dan beberapa wilayah turun salju, suhu mencapai - 4 derajat celcius, tetapi di bulan juli agustus suhu di vietnam bisa mencapai 40 derajat celcius. Sebuah perbedaan suhu yang sunggu besar. Di Vietnam kami berjalan2 ke Halong Bay yang merupakan lokasi shooting film KingKong (saya baru tahu ada film judul ini..hehe). Halong Bay terletak di Laut China Selatan, jumlah pulau2 kecilnya mencapai 1700an pulau. Karena banyaknya pulau2 kecil yang terbuat dari bebatuan kapur laut di sekitaran Halong Bay ini memiliki ombak yang tenang dan merupakan perairan dalam. Secara pemandangan memang indah sekali, saya terkagum dengan ciptaan Allah yang Maha Menciptakan. Gua2 bekas perang Vietnam dengan Amerika juga ada di salah satu pulau Halong Bay. Saya membayangkan kalau pulau2 ini ada di Indonesia mungkin sudah banyak anak2 pulau yang sedang berenang atau mengayuh sampannya untuk mencari ikan laut..hehe, namun di Vietnam perairan ini dijaga dengan ketat, turis disarankan untuk tetap berada di kabin kapal untuk menghindari CCTV yang terpasang dimana2 terutama di pelabuhan. Karena jikalau terlihat oleh kepolisian Vietnam maka izin melaut dari kapal akan dibekukan selama beberapa tahun. Dan luarbiasanya mereka mematuhinya, dan saya menghayal lagi kalau ini diberlakukan di Indonesia mungkin... mmmm....akan ditaati kalo ada polisi yang patroli, kalo gak ada ya..... 
Vietnam memiliki penduduk yang sedikit dibanding luas wilayahnya, karena disana diberlakukan denda bagi pasangan yang memiliki anak lebih dari 2, anak ke 3 didenda 10 juta dong, anak ke 4 didenda 20 juta dong. dan bahkan jika ada suami yang memiliki istri lebih dari satu akan didenda juga...hmmmm... menurut tour guide kami akan ada surplus wanita tanpa suami sebanyak 6 juta orang disana. Saya langsung teringat negara Indonesia yang begitu membahagiakan penduduknya, tidak ada denda, tidak ada aturan yang tidak manusiawi dan banyak masjid...Alhamdulillah
Mungkin itu sedikit cerita dari Vietnam, mantan negara komunis dengan presiden pertama Ho Chi Minh yg dipanggil paman Ho oleh rakyatnya, pemenang perang dengan USA, finalis piala Asia U23 setelah kalah oleh Uzbekistan di final yang diadakan di China tahun 2018 ini, dan finalis piala asia U19 setelah dilkalahkan Indonesia di final..hehe..Btw 1 rupiah = 1.6 dong, jadi harga2 di Vietnam masih tergolong masuk kantong rata2 orang2 Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku