01 June, 2009

Kesombongan Hanya Milik Allah

Setiap gerak tubuh kita,setiap hembusan nafas kita,setiap kedipan kelopak mata kita,setiap gerakan jari jemari kita adalah hanya karena izin Allah.

Setiap angin yang berhembus,setiap goyangan rumput,setiap jatuhnya daun dari pohonnya,setiap patahnya ranting, dan setiap gerakan pasir di pantai hanya karena izin Allah.

Burung yang terbang di pagi hari dalam keadaan lapar begitu pulang terbang dalam keadaan kenyang, gajah yang badannya besarpun bisa kenyang,semut yang bertubuh kecil bisa kenyang walopun dihimpit binatang lain yang lebih besar. Semua atas izin Allah, ini adalah qadha dari Allah.

Perjumpaan,perpisahan,kecelakaan,bencana,kebahagiaan merupakan kombinasi dari semua qadha Allah. Yang satu menjadi cobaan bagi yang lain baik sesama manusia,manusia dengan tumbuhan,manusia dengan hewan,dan dengan keadaan alam.

Allah telah menciptakan dengan sangat rinci dan sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah, dan tidak ada alasan bagi manusia untuk berlaku sombong. Kekuatan hanya milik Allah dan manusia tidak memiliki alasan untuk sombong. Hanya Allah yang bisa sombong,hanya Allah. Lalu kenapa manusia masih bisa sombong???

Banyak sekali ayat-ayat Allah yang melarang sombong :

[4:36] Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh294, dan teman sejawat, ibnu sabil295 dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

[7:48] Dan orang-orang yang di atas A'raaf memanggil beberapa orang (pemuka-pemuka orang kafir) yang mereka mengenalnya dengan tanda-tandanya dengan mengatakan: "Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang selalu kamu sombongkan itu, tidaklah memberi manfa'at kepadamu."

[7:166] Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina581.

[17:37] Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.

[27:31] Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri".

Apa manusia masih bisa sombong?

3 comments:

  1. Sombong itu hanya milik Allah SWT.. kita tidak layak untuk memilkinya..semua yang ada pada kita hanya titipan dariNya..dariNya kita datang, kepadaNya kita akan kembali...

    ReplyDelete
  2. Saya sangat sependapat dengan Anda. Sombong hanya milik Allah tapi kenapa ya banyak di antara kita berbuat sombong.

    ReplyDelete
  3. Entah kenapa di zaman sekarang banyak yang berlaku sombong, meding kalau dia kaya. Ada juga orang miskin yang sombong.

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku