09 May, 2009

Sisi lain Bali


Hari ini jalan2 bersama papa dan papa mertua di Bali. Ada beberapa hal yang selama ini terlihat tetapi tidak terpikirkan olehku. Hal-hal ini baru terpikirkan setelah jalan2 bersama kedua papaku. Beliau selalu punya pandangan berbeda melihat segala sesuatu di Bali ini.


Yang pertama, orang Bali selalu membangun tempat peribadatan atau yang disebut pura di tempat-tempat yang view/suasananya paling bagus. Misalnya di atas gunung yang paling luas pandangan ke bawahnya, di pinggir sungai yang airnya paling mengalir dan paling rimbun pepohonannya, di pinggir pantai yang pasirnya paling landai,dll. Atau situasinya berbalik, pura dijadikan tempat wisata. Misalnya di tanah lot,di pura di sebelah danau beratan, bedugul, puncak gunung kintamani, bangli, dll.

Fenomena lainnya yaitu harga tanah di sekitar kampung muslim lebih tinggi daripada di sekitar kampung Bali. Mungkin ini seiring dengan hukum ekonomi yaitu semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi penawaran. Tanah di sekitar kampung muslim adalah langka di Bali dan setiap tahunnya penduduk muslim di Bali selalu bertambah, sehingga permintaan terhadap tanah makin tinggi deh. Dan biasanya pendatang muslim lebih memilih tanah di sekitar kampung muslim karena lebih mirip-mirip jawa gitu.Hal lainnya bersambung, karena sekarang mau berlanjut perjalanan lagi...

No comments:

Post a Comment

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku