14 April, 2010

Secercah harapan dari Jalinan Persaudaraan

Tadi malem abis (meminjam istilahnya akashiroo) dugem alias duduge melingkar di rumahku. Materi sih seperti biasa, namun dugem kali ini meninggalkan cerita haru dan sedih dari salah seorang sahabat kami. Sahabat yang notabene jago bahasa Arab dan hafal sebagian Al-Qur'an itu bercerita tentang cobaan kehidupannya saat ini. Cobaan itu begitu berat baginya sehingga membuatnya memutar otak lebih keras daripada kami yang "nyaman" dengan kehidupan kami. Ceritanya menegur "keras" kami yang dianugerahi cobaan yang tidak seberapa dengan cobaan yang dia alami...Astaghfirullah...

Dulu, ketika istrinya hendak melahirkan divonis dokter tidak akan bisa melahirkan secara normal. Dokter menyarankan untuk cesar (eh bener gk tulisannya ya?.). Namun beliau belum menyanggupi karena biayanya yang belasan juta. Akhirnya bayi yang seharusnya lahir pada waktunya pun tertunda. Beberapa hari kemudian seseorang yang baik meminjamkan dana cukup untuk membantu persalinan istrinya. Alhamdulillah bayi dapat dilahirkan dengan selamat walaupun harus masuk inkubator lagi karena banyak juga air ketuban yang terminum oleh sang bayi. 

Cobaan pun belum berhenti, seseorang yang meminjamkan tadi tidak mau kalo dicicil pembayaran hutangnya. Tujuh belas juta harus dibayar dengan termin 3 kali dalam waktu 3 bulan. Masya Allah berat rasanya untuk seorang guru seperti beliau. Karena malu dari seseorang tadi beliaupun hijrah ke denpasar dan bekerja di sini. 

Kini setelah 4 tahun dari kejadian itu hutang masih belum terbayar. Kebutuhan yang mendesak sehari - harinya menghabiskan gajinya sebagai guru madrasah, sehingga cicilan hutang belum terealisasi juga. Dalam hati...akupun menyesal mengapa mengetahui ini terlambat, sehingga rezeki yang kemarin aku terima tidak bisa membantu beliau. 

Sudah banyak cara beliau lakukan untuk menambah penghasilan, mulai dari les - les privat bahasa Arab, MLM dan jualan - jualan barang lain. Namun apadaya, usaha beliau masih belum cukup untuk menutupi hutang yang belasan juta tadi. Mungkin dengan banyaknya cobaan yang beliau alami membuat beliau akhirnya cerita segamblang - gamblangnya kepada kami. Berharap secercah penerangan walopun sebatas ide - ide dari kami.

Dengan cerita beliau kamipun tergugah dan menyarankan beliau untuk menerima pekerjaan di sekolah lain yang memberikan penghasilan lebih bagi beliau. Ada satu sekolah yang terbuka lebar peluangnya untuk beliau sebagai guru bahasa Arab dan guru Agama Islam. Dan peluang lain adalah menjadi guru negri di departemen agama yang sudah bekerjasama dengan lembaga yang dipimpin murobbi kami. Dan untungnya kami banyak kenal dengan orang - orang di sekolah itu. Sehingga peluang untuk masukpun semakin lebar (bukan KKN lo ya..hahaha) karena memang beliau ahli bahasa Arab yang sangat dibutuhkan sekolah tersebut. Alhamdulillah banyak jalan keluar ketika persaudaraan ini begitu lekat dan begitu dekat. 

Beliau awalnya menolak karena sertifikasi (yang belum pasti juga..) akan dikeluarkan dalam waktu dekat jika masih bekerja di sekolah yang lama . Namun dari history yang beliau ceritakan, sertifikasi tidak tentu waktu keluarnya walaupun sudah dijanjikan oleh kepala sekolahnya. Akhirnya dengan sedikit berbalas argumen beliaupun menyetujui untuk hijrah sesegera mungkin. Murobbipun berjanji untuk mengusahakan beliau bisa diterima sebagai guru agama di sekolah - sekolah negri yang sudah bekerjasama dengan lembaga yang dipimpinnya. Alhamdulillah...secercah harapan itu masih ada,...insya Allah hutang antum segera terlunasi....Amin...

36 comments:

  1. cerita yg sangat menyentuh...
    semoga segera ada jalan terbuka untuk beliau. amin3x.

    ReplyDelete
  2. syukurlah kalau adik baby akhirnya selamat walaupun harus diinkubator terlebih dahulu.
    semoga membawa berkah bagi kedua orang tuanya. amin3x.

    ReplyDelete
  3. "Aku serahkan sepenuhnya kepada Yang Maha Hidup Yang Tak Pernah Mati... segala puji bagi Allah yang tidak membuat teman ataupun anak, tidak pula punya sekutu di dalam kerajaanNYA, tidak punya pembantu karena lemah, dan agungkanlah Dia seagung-agungnya...

    Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan yang menghimpit dan kefakiran, dari terlilit hutang dan penyakit. Aku memohon agar Engkau membantuku menunaikan hak-Mu kepada-Mu, dan hak manusia..."

    ReplyDelete
  4. Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan kita. Harapan itu pasti ada, begitu juga dengan beliau, pasti bisa terlunasi hutangnya...

    ReplyDelete
  5. Aamin....
    wellcome back mbak Elsa...

    To Narti : Alhamdulillah

    To Wakdhie : Insya Allah...

    To sda alias Narti juga : Amin...

    ReplyDelete
  6. Hidup memang ga gampang dan seringkali waktu kesulitan datang, datangnya bertubi2, tapi jgn putus harapan, pasti ada jalan keluarnya ya.. habis hujan selalu ada pelangi dan matahari bersinar cerah lagi.

    ReplyDelete
  7. memang selalu ada harapan bagi orang yang mau berusaha.

    ReplyDelete
  8. Hahahaha !! dugem = duduk e melingkar ya ?? Kata-kata baru nih ! Hahahahaha. .
    met siang sob,sukses selalu !

    ReplyDelete
  9. Batas kesabaran, sering kita mendengarnya atau bahkan mengucapkannya. namun, kapan, dimana dan bagaimana batas sebuah kesabaran, tidak pasti. semua tergantung bagaimana kita menyikapi setiap ujian. bukan sabar yang berbatas,tapi kitalah yang sering membuat batasan-batasan. keuntungan besar akan diperoleh bagi siapa yang bisa menerima cobaan dengan sabar dan sadar. insya Allah..

    ReplyDelete
  10. Amin. Semoga Alah SWT selalu memberi jalan bagi mereka yang berjuang memenuhi kebutuhan keluarganya dengan tulus.

    ReplyDelete
  11. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Dan Allah SWT tak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya

    ReplyDelete
  12. benernya
    CAESAR
    ato biasa di singkat
    SC (sectio caesarean)

    aktifitas 'dugem'-nya unik ya
    baru kali ini tahu deh..

    ReplyDelete
  13. turut berempati sobat, kami pun pernah mengalami yang sama.. "hutang"
    ya tentu dibalik kesulitan ada kemudahan...
    semoga diberi ...

    ReplyDelete
  14. sekedar masukan, kalau kotak komentar berada di bawah posting tanpa popup

    ReplyDelete
  15. semoga permasalahan segera cepat diatas
    ikut prihati

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  16. awal perkenalan semoga akan terjalin persahabatan dan persaudaraan walau sebagai saling bertukar informasi dan cerita

    ReplyDelete
  17. Persaudaraan yang dibangun dengan ketulusan selalu memberikan hasil yang baik. Salam

    ReplyDelete
  18. Amiin..
    Semoga utang2nya lunas...

    ReplyDelete
  19. setiap manusia pasti mendapatkan cobaan & ujian hidup didunia ini, apakah bisa diterima atau tidak oleh manusia itu sendiri. biasanya yang kuat imannya dan mengerti akan akan agama pasti selalu tabah dalam menjalai setiap cobaan namun sebaliknya bila yang kurang beriman pasti tidak menerima dan selalu menyalahkan Sang maha Pencipta.

    Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi)

    Barangsiapa diuji lalu bersabar, diberi lalu bersyukur, dizalimi lalu memaafkan dan menzalimi lalu beristighfar maka bagi mereka keselamatan dan mereka tergolong orang-orang yang memperoleh hidayah. (HR. Al-Baihaqi)

    ReplyDelete
  20. Kisah yang sangat menyentuh.
    Semoga aja akan menjadi lebih baik.....

    ReplyDelete
  21. Dunia memang medan ujian dan cobaan. Ada yang dicoba dengan kekayaan dan ada yang dicoba dengan kemiskinan. Ada yang dicoba dengan kesuksesan dan ada yang dicoba dengan kegagalan. Kata orang bijak dibalik kesulitan ada kemudahan. Semoga ada secercah harapan dari jalinan persaudaraan.

    ReplyDelete
  22. Ya Allah... semoga engkau menolong hambaMu yang berjuang untuk melunasi hutangnya di dalam jalanMu demi keluarganya. Amieeeen....

    ReplyDelete
  23. ada tag n award di blog aku
    ambilll yah ^^

    ReplyDelete
  24. semoga menjadi sebuah langkah yang tepat yah.... dan masalahnya bisa teratasi

    ReplyDelete
  25. hidup ini memang penuh cobaan.. namun tetap berdoa dan berusaha , aq yakin Tuhan akan membantu

    ReplyDelete
  26. semoga semuanya teratasi dengan baik..

    ReplyDelete
  27. hikmah besar dari kisah ini,salah satunya bersyukur untuk semua nikmat yg sudah allah berikan,amienn.

    semoga harapan menjadi kebahagiaan untuk sahabat mu mas,...

    ReplyDelete
  28. pengorbanan orang tua tuk anak tercinta...makanya jangan sekali-kali melawan orang tua...semoga si cabang bayi setelah besarnanti menjadi orang yg berguna bagi kedua orang tua n negara serta agamanya ya bung...amieeeeen

    ReplyDelete
  29. Semoga beliau bisa dapat melunasinya Amin
    sungguh ayah yang baik sekali

    ReplyDelete
  30. Cobaan jika berhasil dilewati maka akan mendatangkan pahala dan Allah pasti punya solusi untuk orang-orang beriman selama dia berikhtiar dan bertawakal

    ReplyDelete
  31. Selamat mas anda sudah menolong seseorang yang membutuhkan semoga mendapat pahala

    ReplyDelete
  32. dibalik kesusahan, pasti ada kebahagiaan ^^

    ReplyDelete
  33. Insya Allah jika kita berusaha sebaik2nya tidak akan ada yang tidak bisa dilakukan.

    Yakin, usaha, sampai. Semoga dengan pekerjaan baru nya tsb Beliau bisa membayar hutang2nya. Amien

    ReplyDelete
  34. anaknya baik2 saja kan..? (tertarik ma bebinya ksian mpe keracunan air ketuban..)

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku