13 August, 2010

Dhuha Dulu Yukkk...

Dhuha adalah penggalan waktu dalam hari dimana sinar matahari mulai terasa hangatnya

Waktu Dhuha adlh saat yg special bagi Allah & hamba2 yang mengerti, dimana kbnykn manusia terlena saat itu

Saat dhuha banyak orang mengejar harta, mencari nafkah & menguber dunia namun mrk tdk mengejar Pemilik dunia, pemberi nafkah Yang Maha Kaya

Semua org rela bekerja mencari nafkah dunia hng bekerja belasan jam sehari. Namun utk datang kpd pemilik dunia di waktu Dhuha meski sesaat mrk tak sempat

Waktu Dhuha terentang panjang mulai saat sinar matahari terasa hangat hng masuk waktu Zuhur

Setiap waktu shalat fardhu ke shalat lainnya memiliki interval (renggang waktu) yg relatif sama. Hny Isya-Subuh, Subuh-Zuhur yg punya interval panjang

Mengisi ruang waktu Isya-Subuh ada shalat Tahajud. Sdg Subuh-Zuhur diisi dgn Dhuha.

Dhuha & Tahajud adlh dua shalat sunnah bagi umat namun wajib bagi Rasul Saw

Dhuha boleh dikerjakan dari 2 hingga 12 rakaat. Dilakukan secara sendiri tdk berjamaah. Shalat dhuha bs dikerjakan 2 rakaat atau 4

Tidak ada bacaan surat & doa khusus untuk shalat sunnah Dhuha

Meski hukum mengerjakannya adlh sunnah, namun Allah Swt memerintahkannya dlm hadits qudsi bhw rezeki akn terjamin krn shalat Dhuha

FirmanNya, "Ya anak Adam jgn kau malas melakukn 4 rakaat shalat (Dhuha) di awal pagi, mk Aku jamin rezekimu hng akhir hari (HRHakim)

Setiap manusia diperintah utk bersedekah 360 kali di waktu pagi. Para sahabat Rasul bertanya, "Siapa yg sanggup melakukannya?!"

Rasul menjelaskn bbrp amal yg setara dgn sedekah 360 kali. Beliau menutup penjelasannya bhw itu semua bs diganti dgn 2 rakaat Dhuha

“Dlm surga terdpt pintu yang bernama dhuha &  pd hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat Dhuha? Ini pintumu, masuklah dengan kasih sayang Allah.” (HRTabrani)

Abu Hurairah diberi wasiat oleh Rasul Saw utk tdk tinggal shalat dhuha meski dua rakaat

Salah satu doa yg bisa dipanjatkan usai sholat dhuha:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Bagi Anda yg kepingin cepat punya rumah mengapa tdk menempuh jalan berikhtiar dgn rutin menjalankan shalat Dhuha?!

Sabda Rasul "Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak 4 rakaat & 4 rakaat sebelumnya, mk ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga" (Shahih al-Jami`: 634).


Jangan lupa untuk membiasakan shalat sunnah Dhuha ini. Wa bil khusus mari perbanyak saat Ramadhan ini

Ikuti serial kuliah Amaliyah Ramadhan Bahagia selanjutnya!

Salam,
Bobby Herwibowo

21 comments:

  1. subhanallah...banyak sekali manfaat sholat dhuha ini.
    makasih sudah berbagi artikelnya.

    ReplyDelete
  2. artikel yg sangat bermanfaat.
    thanks.

    ReplyDelete
  3. sampai saat ini belum bisa terlaksana..mas...padahal banyak sekali akan manfaat sholat dhuha..

    ReplyDelete
  4. saya punya kontes kecil2an nih ....

    Hanya dengan menjadi top commentator di http://fireworkslovers.com anda berhak mendapatkan sebuah modem. Hehe, gimana? Tertarik? karena baru dimulai, jadi masih ada banyak waktu ko ... Read more..

    ReplyDelete
  5. Dhe shalat dhuhanya bolong2.. hikz.. padahal katanya ga boleh ya boolong2? mesti rutin??

    InsyaAllah dhe akan trus mencoba agar tak bolong2..

    ReplyDelete
  6. Assalamu alaikum....
    salam kenal pak.

    semoga puasanya lancar ^_^

    ReplyDelete
  7. aku juga lebih sering bolongnya :(
    sedih juga ngingatnya, padahal manfaatnya tak terkira. berangsur2. belajar lagi..

    ReplyDelete
  8. terimaksih sahabat atas informasin yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  9. Aku sendiri selama ini kurang tertib menjalankannya.
    Thanks udah mengingatkan..

    ReplyDelete
  10. Aku jadi inget dengan seorang teman yang tak pernah melewatkan sholat Dhuha,,,

    ReplyDelete
  11. penting penting nii kang... tp sayangnya saiia belum terbiasa :(

    ReplyDelete
  12. apalagi di bulan ramadhan amalan Sunnat di ganjar pahala wajib

    ReplyDelete
  13. yukkk
    mari perbanyak ibadah kita
    agar terbangun rumah indah di surga

    ReplyDelete
  14. hebat baget ini bener2 postingan yang berguna..

    ReplyDelete
  15. Subhanallah.. shalat dhuha itu emang bnyak sekali manfaatnya ... cuman kadang kita suka kena penyakit malasnya itu ya sob...

    ReplyDelete
  16. Tata caranya dijelasin juga dong... :)

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku