16 February, 2012

Kota Kupang....Unik bro....

Alhamdulillah dah 7 bulan aku tinggal di Kota Kupang dan betah... Dimanapun kita tinggal memang seharusnya disyukuri gak pake protes, gak pake ngeluh. gak pake ngadu... Dan kalo kita mau memikirikannya lebih dalam dan lebih luas sebenernya itulah yang terbaik buat kita... Gak ada celah sama sekali asalkan open mind... Kalo masih ngeluh, coba deh pikirin lagi..... dan sandarkan kepada Allah segala pikiran kita jangan kepada nafsu semata...

Dah ah kembali ke cerita... selama 7 bulan tinggal di sini kumelihat banyak keunikan yang nggak banyak ditemui di kota lainnya yang pernah aku kunjungin...

1. Yang paling unik adalah transportasi pembawaan motor dari kota ke kabupaten yang jaraknya lumayan sekitar 6-8 jam... Yaitu :

dibawa dengan bis diiket di belakang

Ini baru kutemuin di Kupang, gak tau juga kalo daerah lain dah ada.... tapi di kota - kota di Jawa atau Sumatra transportasi beginian biasanya menggunakan pick up atau truk...Menurutku ini adalah akrobat yang keren....tinggal diiket di depan belakang motor di bagian tangga bagian belakang bis.

2. Cuci motor di tengah jalan aspal...
Orang - orang sini kalo urusan motor paling nomor satu, ngalah2in urusan badan.... Temen kantorku bisa menghabiskan waktu 4 jam hanya untuk mencuci motor, tidak boleh satu bagianpun yang terlewatkan untuk di cuci dan di lap. Dan mereka sangat bangga jika mencuci motor di atas jalan aspal bahkan posisinya bisa agak ke tengah jalan. Karena mereka seperti ingin menyombongkan diri "ini lo motor gue, liat dong...bagus khan"... apalagi kalo motornya dah pernah di modif. hadeh... Bahkan ada ungkapan, gak apa2 gak mandi yang penting motor harus bersih dan mengkilap...

3. Orang jualan lebih banyak orang dari luar Kupang....
Yah dari penuturan beberapa orang asli sini, mereka memang agak sulit untuk membuat usaha karena kepesimisan bisa sukses mereka, kalopun ada pasti mereka pernah merantau ke kota lain. "Orang sini agak takut kalo buka usaha pasti banyak yang hutang dan gak berani nagih", begitu penuturan mereka. Yah memang harus sedikit demi sedikit dalam menyadarkan mereka sih.

4. Satu tanah bisa banyak pemilik dengan surat resmi yang sama dari Dinas Pertanahan. Seperti sistem kepemilikan lahan/tanah di sini masih sangat kacau, keluarga walopun masih kakak adik bisa memperebutkan satu tanah dengan masing2 memiliki surat resmi. Apalagi kalo ada pihak lain yang ingin menyewa atau membeli tanah itu. Orang - orang yang tidak pernah kelhatan di keluarga pemilik tanah tersebut bahkan bisa mengklaim kepemilikan tanahnya hanya bermodalkan foto dan surat wasiat. Yah pada akhirnya banyak perusahaan yang hanya menjadi PT. AKAN... maksudnya akan berdiri atau akan berinvestasi, tetapi ujung2nya nggak jadi...

dan terakhir... jreng jreng.....


Antonio Conte  lagi latihan bersama Marchisio (Juve #8)
eh..yang ini bukan di kota Kupang ding....hehehe

22 comments:

  1. susah banget ya kalo satu tanah punya banyak surat kepemilikan...
    puyeng tuh

    ReplyDelete
  2. Dulu pas masih tinggal di Dili-Timor leste, sering main ke kupang, yah gak sering2 amat sih, tapi tiap tahun minimal sekali kesana... nice... Hotel Astiti masih ada kah? dulu suka nginep disana tapi lupa euy di sebelah mananya kupang hahahaha

    ReplyDelete
  3. lucu pic-nya,,,
    masa motor di gendong bus,,, kwkwkwk,,,

    ReplyDelete
  4. beuh, masa sih mendingan motornya mengkilap daripada orangnya ?? ane kaga yakin tuh :)

    ReplyDelete
  5. kok motor di taruh di belakang bis ya..gag bakalan jatuh gto :D

    ReplyDelete
  6. salam kenal ya... artikel yang bagus..

    ReplyDelete
  7. wih keren tuh motornya bisa di iket di blakang mobil gtu

    ReplyDelete
  8. wadoh.. kirain bneran tuh Antonio Conte lagi maen ke kupang..

    ReplyDelete
  9. waduuh terimakasih atas informasi yang telah di berikan

    ReplyDelete

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku