09 February, 2015

Bukan Buatan Makhluk

Di tahun tahun awal SMA aku masuk ke dalam sebuah organisasi keagamaan siswa.
Pada awal2 aku ikut pengajian tersebut, guru kami memberikan tugas untuk mulai saat itu mengaji alquran beserta membaca terjemahannya.
Aku agak lupa waktu itu mulai dari ayat berapa aku mulai membaca terjemahannya. Setiap abis sholat shubuh dan maghrib aku mengaji dan membaca terjemahan Alquran. 
Semakin lama kubaca setiap ayat demi ayat lembar demi lembar dan cukup lama juga kusadari setelah beberapa puluh lembar kubaca bahwa setiap terjemahan yang kubaca saat itu adalah jawaban dari berbagai permasalahan yang sedang kuhadapi pada saat itu.
Waktu itu aku berhadapan dengan masalah pelajaran, hubungan persahabatan, percintaan, hubungan dengan orangtua, eskul dan segala permasalahan yang lain dan semuanya ada jawabannya di Alquran menurutku waktu itu. 
Aku bertanya tanya kok bisa ya Alquran memberikanku jawaban2 tersurat dan tersirat yang padahal itu ditulis berabad abad yang lalu, dan permasalahan pubertas seperti yang kuhadapi waktu itu adalah masalah2 yang kupendam dalam hati. 
Aku pun sampai penasaran juga apakah teman2 lain yang satu pengajianku juga merasakan hal yang sama. 
Setelah berbagi cerita dengan beberapa teman, merekapun merasakan hal yang kurang lebih sama. 
Dan akupun berpikir bahwa bukan jawaban masalahnya yang mendatangi kita namun masalah yang diberikan oleh pembuat Alquran itu yang menunjukkannya.
Masalah2 tersebut sengaja ditimpakan kepadaku berbarengan dengan terjemahan yang kubaca hanya untuk menyadarkanku bahwa Alquran ini bukan buatan makhluk tetapi semata2 firman dari Sang Pencipta Makhluk. Allah subhanahu wata'ala. 
Allah yang menciptakan penyakit Allah pula yang ciptakan penawarnya
Allah ciptakan kemarau Allah juga yang ciptakan hujan
Allah ciptakan masalah yang menjadi cobaan untuk manusia Allah juga tempat meminta solusi dan jalan keluarnya
Alquran telah difirmankan kepada Rasulullah berabad2 yang lalu namun tak pernah lekang dimakan zaman. Karena memang zaman juga ciptaan Allah, dan Allah ciptakan pedoman bagi kita untuk mengarungi zaman. 
Wallahua'lam


Ditulis setelah 13 tahun lulus dari SMA

5 comments:

Ayo ayo sobat sobat dikomentarin ya....
kalo istilah iklannya sih "komentarmu mengalihkan duniaku" kekekeke....

Arsip Blog

Sahabat Blogger

Sahabatku